Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
LENI NURMAWATI, NIM. 09410205
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2014-04-07 00:52:00
Abstract :
Latar belakang penelitian ini adalah maraknya kenakalan remaja yang
semakin memprihatinkan seperti tawuran antar pelajar, pelajar membolos sekolah
di jam pelajaran. Sehingga peneliti mencoba mencari solusi bagaimana caranya
untuk mengurangi hal-hal negative tersebut dikalangan pelajar dengan melakukan
penelitian di SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta yang pelajar pilihan yang
mempunyai kecerdasan intelektual diatas rata-rata. Banyaknya kegiatan ekstra
kulikuler di SMA Teladan tersebut dapat mencegah hal-hal negative yang dapat
merugikan pelajar, sehingga dapat dicontoh oleh pelajar dari sekolah-sekolah lain.
Salah satunya kegiatan mentoring yang menanamkan nilai-nilai ajaran Islam
sehingga siswa tau apa tanggungjawabnya sebagai pelajar dan sebagai umat
beragama.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil obyek
kegiatan mentoring agama Islam di SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta.
Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara
mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna
terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik
kesimpulan untuk menyusun hasil karya terkait dengan pengembangan kecerdasan
emosional dan spiritual melalui kegiatan mentoring di SMA Negeri 1 Teladan
Yogyakarta. Sedangkan untuk menguji keabsahan data digunakan metode
trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses kegiatan mentoringdi SMA
Negeri 1 Teladan Yogyakarta, secara garis besar dimulai dari pembukaan, tilawah,
games, cermah, quiz, dan penutup. Metode yang digunakan dalam kegiatan
mentoring adalah Metode Ceramah, Diskusi, Games, Nonton Film, dan Rihlah.
Metode-metode tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing,
sehingga mentor dituntut untuk kreatif dalam memadukan metode tersebut sesuai
dengan materi yang di sampaikan. (2) Implikasi kegiatan mentoring agama Islam
terhadap kecerdasan emosional dan spiritual siswa di SMA Negeri 1 Teladan
Yogyakarta yang berdasarkan Asmaul Husna atau 99 Sifat Tuhan, terdapat tujuh
nilai dasar kecerdasan emosional dan spiritual yang harus dijunjung tinggi sebagai
pengabdian manusia kepada sifat Tuhan yang terletak pada Got Spot yaitu: Jujur,
Tanggung jawab, Visioner, Disiplin, Kerjasama, Adil, dan Peduli.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional dan Spiritual, Pendidikan Agama Islam, Mentoring.