Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
M. MAHBUB ASHOIM, NIM. 07420062
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-28 06:37:21
Abstract :
M. Mahbub Ashoim. Pembelajaran Imla? Manzhur pada Maharah al-
Kitabah melalui metode Guided Note Taking kelas VIII Di Mts N Giriloyo
Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN
Sunan Kalijaga, 2013
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan
yang signifikan pada pembelajaran kitabah siswa eksperimen (kelompok yang
menggunakan metode guided note taking) dengan kelompok kontrol
(kelompok yang tidak menggunakan metode guided note taking) sebelum dan
sesudah diadakan treatmen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas
VIII C dan kelas VIII D MTs N Giriloyo Yogyakarta Tahun Ajaran
2013/2014 sebanyak 64 siswa, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII C
sebagai kelas kontrol sejumlah 32 siswa, dan kelas VIII D sebagai kelas
eksperimen sejumlah 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan metode eksperimen,observasi, wawancara, dokumentasi, dan
tes.
Berdasarkan hasil uji ?t? dari hasil belajar kitabah siswa kelompok
eksperimen sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan metode guided
note taking, hasil analisis statistik menunjukan bahwa uji t posttest antara
kelompok kontrol dan eksperimen di dapatkan nilai Sig. 0,553 > 0,05 yang
artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelompok
kontrol dan eksperimen. Sedangkan uji t nilai prettest dan posttest kelompok
eksperimen menghasilkan nilai Sig. 0,000 < 0,005 yang artinya terdapat
peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa kelompok eksperimen.
Setelah diadakan treatmen (eksperimen) dengan menggunakan metode
guided note taking pembelajaran imla? manzhur pada maharah al-kitabah ,
maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kitabah dengan menggunakan
metode guided note taking dapat membantu siswa berkonsentrasi mengikuti
pelajaran, siswa aktif dalam mengikuti pelajaran, dan dapat meningkatkan
hasil belajar kitabah siswa MTs N Giriloyo Yogyakarta, walaupun tidak
terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran bahasa Arab dengan
menggunakan metode guided note taking, dengan pembelajaran bahasa Arab tanpa menggunakan metode guided note taking.