Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
M. NIZALUL FALIH, NIM. 09420141
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-28 07:00:57
Abstract :
Pendidikan di abad ini menuntut adanya manajemen pendidikan yang
modern dan professional dengan bernuansa pendidikan. Lembaga lembaga
pendidikan diharapkan mampu mewujudkan peranannya secara efektif, untuk
meningkatkan mutu pendidikan. Secara formal aspek guru mempunyai peranan
penting dalam mewujudkannya. Guru merupakan kunci keberhasilan pendidikan,
sebab inti dari kegiatan pendidikan adalah belajar mengajar, yang memerlukan
peran guru di dalamnya. Sehingga guru yang professional sangat penting ketika
menuntut kemajuan suatu pendidikan.
Berpijak dari pemaparan di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
profesionalisme guru bahasa Arab yang lebih di khususnya pada kompetensi
pedagogiknya serta upaya upaya guru untuk meningkatkan kemampuan membaca
bahasa Arab pada peserta didiknya.Yang menjadi sampel dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VII dan guru bahasa Arab kelas VII . Adapun jenis penelitian
ini merupakan penelitan deskriptif kualitatif, dengan menggunakan metode
observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini, adalah (1) Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab
kelas VII dari tahap awal sampai tahap akhir membuktikan bahwa guru bahasa
arab kelas VII telah mampu menjadi seorang guru yang profesional.
(2)Kompetensi Pedagogik meliputi pemahaman terhadap peserta didik,
perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan
pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang di
miliki. Guru bahasa Arab kelas VII telah mempunyai kompetensi yang baik
terkait pembelajaran di dalam kelas VII hanya saja dalam pembelajaran, strategi
yang digunakan kurang variatif sehingga membuat peserta didik bosan. (3)
peningkatan Maharoh Qiro?ah, upaya upaya yang di lakukan oleh guru bahasa
Arab kelas VII adalah : (a) mengenalkan kepada peserta didik akan huruf hijaiyah
(b) dikenalkan huruf bersambung dalam bahasa Arab sekaligus di perintahkan
untuk membacanya (c) memberi tugas kepada peserta didik untuk menghafalkan 5
kosa kata bahasa Arab di setiap pertemuan pembelajaran bahasa Arab (d) di beri
tugas untuk menerjemahkan bahasa Arab ke bahasa Indonesia ataupun sebaliknya
(e) di beri penilaian dalam setiap tugas, baik itu penghafalan kosa kata maupun
menerjemahkan.
Kata Kunci : Profesionalisme Guru, Bahasa Arab, Maharoh
Qiro?ah