Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
MAESAROH MARDANI, NIM. 09410149
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2014-04-07 00:52:11
Abstract :
MAESAROH MARDANI. Pengaruh Pola Asuh dan Motivasi Belajar
Akidah dan Akhlak terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa kelas VII MTs Ngawen
Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini merupakan
penelitian lapangan (Field Riseacrh) dengan pendekatan kuantitatif dengan
mengambil subyek penelitian di MTs N Ngawen Gunungkidul. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengukur seberapa besar tingkat pola asuh persuasif yang
diterapkan orang tua di rumah, mengukur seberapa besar tingkat motivasi belajar
akidah dan akhlak, mengukur seberapa besar tingkat kedisiplinan belajar,
mendeskripsikan seberapa besar pengaruh antara pola asuh persuasif dengan
kedisiplinan belajar, dan mendeskripsikan seberapa besar pengaruh antara
motivasi belajar akidah dan akhlak terhadap kedisiplinan belajar.
Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara,
dokumentasi dan kuisioner. Analisis data dilakukan dengan menganilisis data
kuisioner yang dibagikan kepada siswa kelas VII sebanyak 65 anak yaitu 55%
dari jumlah siswa kelas VII MTs N Ngawen Gunungkidul, dibantu dengan
menggunakan SPSS 16.00 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan: 1.Tingkat Pola Asuh Persuasif orang tua
siswa kelas VII MTs Ngawen Gunungkidul berada pada kategori sedang, motivasi
belajar akidah dan akhlak pada kategori tinggi, dan kedisilpinan belajar pada
kategori tinggi, ini menunjukkan bahawa apabila poa asuh persuasif rendah yaitu
anak diberi kebebasan naamun masih tetap dalam pengawasan yang baik, maka
motivasi belajar dan kedisiplinan belajar siswa akan tinggi. 2. Pola Asuh Persuasif
orang tua siswa kelas VII MTs Ngawen Gunungkidul tidak memiliki hubungan
yang signifikan terhadap kedisiplinan belajar karena nilai sig 0,78 > 0.05, ini
menunjukkan bahwa kesibukan orang tua di luar rumah tidak dapat membantu
meningkatkan kedisiplinan belajar siswa.3.Motivasi Belajar Akidah dan Akhlak
siswa kelas VII MTs N Ngawen dikatakan memliki hubungan yang positif dan
signifikan terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas VII MTs Negeri Ngawen
Gunungkidul berada pada nilai sig 0,000 < 0,05, artinya semakin tinggi motivasi
belajar dalam diri siswa khususnya belajar akidah dan akhlak semakin tinggi pula
tingkat kedisiplinan belajar siswa. 4.Hubungan dari ketiga variabel tersebut yaitu :
a. Tidak ada hubungan positif dan signifikan antara Pola Asuh Persuasif terhadap
Kedisiplinan Belajar siswa kelas VII MTs N Ngawen Gunungkidul dengan nilai
sig 0,078 > 0,05 b. Ada hubungan positif dan signifikan antara Motivasi belajar
Akidah dan Akhlak terhadap kedisiplinan Belajar siswa kelas VII MTs N Ngawen
Gunungkidul dengan nilai sig ( 000 ) 5.Besar sumbangan dari pola asuh persuasif
orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa sebesar 13.4% dan yang 87,6%
dipengaruhi faktor lain sedangkan besar sumbangan motivasi belajar akidah dan
akhlak terhadap kedisiplinan belajar sebesar 44,4% dan sisanya yaitu 55,6%
dipengaruhi oleh faktor lain.