Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
MAFTUKH FUAD SOFYANI, NIM. 08420108
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-28 07:13:12
Abstract :
Maftukh Fuad Sofyani. Penerapan metode cooperative learning teknik
jigsaw dalam upaya meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab kelas VII A SMP
NU Kajen Pekalongan 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan
Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran bahasa
Arab dengan metode cooperative learning teknik jigsaw dapat meningkatkan
prestasi belajar perserta didik kelas VII A SMP NU Kajen Pekalongan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu suatu pengawasan terhadap
kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi
dalam sebuah kelas secara bersamaan. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus terhadap
40 peserta didik. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu plan (perencanaan),
act (tindakan), observe (pengamatan), dan reflect (refleksi). Pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, tes, dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode
cooperative learning teknik jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa
Arab di kelas VII A SMP NU Kajen Pekalongan, dan terdapat perbedaan yang
signifikan pembelajaran dengan metode cooperative learning teknik jigsaw
terhadap prestasi belajar bahasa Arab. Hal ini terbukti pada siklus satu nilai pretest
41,75 dan nilai post test 64,75, pada siklus dua nilai pre-test 52,5 dan post-test
76,25, dan pada siklus tiga nilai pre-test 56 dan pos-test 80,75.