Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
MOH. ISKAK MAULANA, NIM. 06420088
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-28 07:30:49
Abstract :
Rendahnya kualitas program pembelajaran di madrasah, seringkali disebabkan oleh
sistem pembelajaran yang dilakukan di madrasah tersebut. Kebanyakan siswa dalam
mengikuti proses belajar mengajar hanya datang, mengikuti ceramah guru, melihat guru
menulis di papan tulis, lalu mengingat segala informasi yang diberikan oleh guru. Untuk
menanggulangi hal itu telah banyak konsep strategi pembelajaran aktif yang ditawarkan.
Strategi pembelajaran aktif nampaknya merupakan jawaban atas permasalahan tentang
rendahnya mutu atau kualitas pembelajaran di Indonesia pada umumnya, salah satunya
adalah penerapan strategi Index Card Match. Dengan menerapkan strategi pembelajaran ini,
diharapkan mutu atau kualitas pembelajaran meningkat, sebab pada strategi ini keaktifan
peserta didik lebih diutamakan.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengungkapkanbahwa strategi Index Card
Match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, (2) Mendeskripsikan proses meningkatnya
motivasi belajar mufradat pada mata pelajaran bahasa Arab dengan strategi Index Card
Match pada siswa kelas Awwaliyah satu Madrasah Diniyah Al-muhtadin Plumbon
Banguntapan Bantul Yogyakarta. Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Urutan kegiatan
penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi.
Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi,
pengukuran tes hasil belajar, dan angket. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan
teknik analisis deskriptif kualitatif. Untuk uji keabsahan data penulis menggunakan teknik
triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Index Card Match dapat meningkatkan
motivasi belajar bahasa Arab pada siswa kelas MDA-1 semester genap proses pembelajaran
mata pelajaran bahasa Arab, yang membahas tentang mufradat, telah menunjukkan bahwa
proses pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien. Hal ini dapat ditunjukkan dari sikap
dan keantusiasan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, serta tidak memerlukan
waktu yang lama untuk dapat memahamkan peserta didik terhadap pelajaran yang disajikan
dengan mengaplikasikan strategi Index Card Match. Secara umum, peningkatan yang terjadi
cukup signifikan. Pada pra tindakan diperoleh hasil prosentase sebesar 36,11%, kemudian
pada siklus I meningkat menjadi 67,64% dan pada siklus II meningkat menjadi 91,17%. Dan
yang ketiga tanggapan siswa menunjukkan bahwa metode Index Card Match ini baik
digunakan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab dengan
respon positif dari siswa.
Kata Kunci: Motivasi belajar, mufradat, Strategi Index Card Match