Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
SUZZANA SETIAWATI , NIM. 10470063
Subject
Kependidikan Islam
Datestamp
2014-04-29 01:08:35
Abstract :
Penelitian ini berdasarkan fenomena globalisasi yang salah satunya
memberikan dampak negatif kepada nilai-nilai kehidupan. Dampak lain dari arus
globalisasi adalah emansipasi wanita yang ingin berkarir. Kesibukan kedua
orangtua yang menyita waktu mengakibatkan tidak maksimalnya pendidikan pada
anak usia dini. Untuk itu diperlukan lembaga pendidikan prasekolah yang dapat
mengakomodasi kebutuhan pendidikan anak usia dini terutama dalam pendidikan
nilai. Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK) Islam Terpadu (IT)
Karima Aqila merupakan penyelenggara pendidikan anak usia dini yang berbasis
Islam menyelenggarakan pendidikan anak usia dini yang didalamnya terdapat
pelaksanaan pendidikan nilai. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui
pendidikan nilai apa saja yang dilaksanakan pada anak usia dini di KB dan TK IT
Karima Aqila dan metode apa yang digunakan guru dalam melaksanakan
pendidikan nilai. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah khasanah dalam
pendidikan nilai pada anak usia dini.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di
KB dan TK IT Karima Aqila Sinduadi, Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam(indepth interview) dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data,
mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan
keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber dan teknik serta
mengkombinasikan dengan teori.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) pendidikan nilai yang dilaksanakan di
KB dan TK IT Karima Aqila adalah: (a) pendidikan nilai agama meliputi; tauhid,
syariat, ibadah, kecintaan kepada Rasul dan Al-Qur’an(b)Pendidikan nilai moral
meliputi ; nilai moral (akhlak) kepada Allah, nilai moral (akhlak) kepada sesama
manusia, nilai moral (akhlak) kepada alam. (c) Pendidikan nilai sosial meliputi;
persaudaraan, kasih sayang terhadap sesama, toleransi, bekerja sama, berbagi
dengan sesama, menghormati orangtua, menghormati guru, menghormati teman,
etika makan dan minum, mengucap salam, etika duduk, etika berbicara, etika
menguap. (2) Metode yang digunakan dalam pendidikan nilai adalah: (a) nilai
agama yaitu; keteladanan, pembiasaan, nasehat, bercerita, bernyanyi, praktek,
pengawasan dan menyampaikan kepada orangtua. (b) nilai moral yaitu; nasehat,
pembiasaan, jalinan kasih, hukuman dan menyampaikan kepada orangtua. (c)
sosial yaitu; pemberian informasi awal kepada anak, keteladanan, nasehat,
pembiasaan, bermain, bercerita, bernyanyi, jalinan kasih, bagi rizki, pengawasan,
hukuman dan menyampaikan kepada orangtua.