Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
IRFA MA’ALINA LI’ILLIYYINA , NIM. 10470042
Subject
Kependidikan Islam
Datestamp
2014-07-15 02:29:06
Abstract :
Irfa Ma’alina Li’illiyyina. Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan
Islam terhadap Pribadi Autistik Prespektif Teori Belajar Behavioristik
di Sekolah Khusus Bina Anggita Yogyakarta, Skripsi, Yogyakarta :
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan
Kalijaga, 2014.
Pendidikan tidak hanya berkonsentrasi pada penyampaian
materi, tetapi bagamaina nilai-nilai yang terkandung pada setiap
pengetahuan itu dapat diakulturasikan dalam kehidupan manusia
sehingga dia dapat mencapai kehidupan yang lebih berarti dan
kemuliaan dengan memberikan manfaat bagi dirinya maupun orang
lain sekalipun dengan segala keterbatasannya yang dibawa sejak lahir.
Manusia tetap membawa fitrah ketuhanannya, begitu pula dengan
manusia yang memiliki kepribadian autistic. Anak autis bukan berarti
tidak normal. Secara fisik mereka terlihat sehat. Kecerdasan otak pun
cenderung sama dengan orang lain. Hanya saja mereka memiliki
keterlambatan dalam tumbuh kembangnya. Oleh karena itu, perlu
adanya perhatian khusus dalam menyampaikan pesan atau materi yang
disampaikan kepada penyandang autis sesuai dengan tingkat
perkembangannya.
Berdsarkan asumsi di atas, maka pokok penelitian skripsi ini
adalah sebagai berikut: pertama, Bagaimana penanaman nilai-nilai
pendidikan Agama Islam bagi siswa autistic prespektif behavioristik di
Sekolah Khusus Autisme Bina Anggita? Kedua, Bagaimana perubahan
perilaku siswa autis sebagai hasil dari penanaman nilai pendidikan
Agama Islam di Sekolah Khusus Autisme Bina Anggita?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang
memanfaatkan paradigma penelitian interpretatif dengan tujuan
membangun makna berdasarkan data-data lapangan. Metode
pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data yang akurat
adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis difokuskan pada analisis data selama proses di lapangan
melalui reduksi data, penyajian data, triangulasi dan verifikasi.
Hasil penelitian ini penulis menyimpulkan, pertama,
penanaman nilai-nilai pendidikan Agama Islam diberikan kepada siswa
dengan prilaku autis melalui program pendidikan yang bertahap yang
terdiri dari tahap observasi, penyusunan dan pelaksaan program,
evaluasi dam tindak lanjut (follow up). Proses pembelajaran dilakukan
secara tematik dengan memberikan materi belajar yang bersifat
kongkrit. Metode yang digunakan adalah metode ABA (Applied
Behavioral Analysis) sebagai penerapan dari teori behavioristik.
Penguatan yang diberikan selama proses pemeliharaan nilai dengan
penguatan positif. Kedua, penanaman nilai tersebut berdampak pada
keteraturan siswa dalam melakukan aktivitas sehari-hari sesuai dengan
norma Agama dan kedisiplinan dalam beribadah.