Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
SITI NURHAYATI, S.Pd. AUD , NIM. 1220430007
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2015-04-13 09:06:10
Abstract :
Penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi adanya kegelisahan dari
segenap bangsa Indonesia mengingat bahwa kondisi bangsa Indonesia masih jauh
dari yang dicita-citakan. Hal ini terlihat dari perilaku dan tindakan yang kurang
bahkan tidak berkarakter. Fenomena merosotnya karakter anak bangsa di tanah air
khususnya, disebabkan lemahnya pendidikan karakter dalam meneruskan nilainilai
luhur bangsa Indonesia. Di samping itu juga, masih lemahnya penerapan
nilai-nilai berkarakter di lembaga-lembaga pemerintahan dan kemasyarakatan
serta makin berkembangnya era globalisasi yang mengikis kaidah-kaidah moral
budaya bangsa. Berangkat dari masalah tersebut, sebagai langkah antisipasif yang
perlu dilakukan agar kondisi ini tidak berlarut semakin parah adalah dengan
memberikan proses pembelajaran yang menanamkan nilai-nilai karakter pada
anak usia dini melalui metode bercerita. Ini merupakan salah satu langkah
strategis mengingat usia awal perkembangan anak merupakan masa golden age.
Penelitian ini merupakan studi kasus yang dilakukan di TK Pembina
Kecamatan Sanden. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah mendeskripsikan
secara umum mengenai penerapan metode bercerita di TK Pembina Kecamatan
Sanden serta menyajikan dan menguraikan implikasi dari penerapan metode
tersebut dalam pengembangan nilai-nilai karakter anak usia dini di TK Pembina
Kecamatan Sanden. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang
diarahkan pada field research. Jenis data yang digunakan adalah data-data yang
diperoleh bersumber dari observasi, pengumpulan data di lapangan, interview, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan metode bercerita di
TK Pembina Kecamatan Sanden dilakukan dengan beberapa tahap, yakni tahap
perencanaan, tahap penerapan dan tahap evaluasi. Ketiga tahap tersebut untuk
mengetahui sejauh mana metode bercerita ini dapat mempengaruhi karakter pada
anak. Pada tahap pelaksanaan metode bercerita, guru biasanya menggunakan alatalat
peraga, ilustrasi gambar serta menerapkan metode dramatisasi dalam
menyampaikan cerita.
Implikasi dari penerapan metode bercerita di TK Pembina Kecamatan
Sanden telah mempengaruhi karakter anak dalam kehidupan sehari-hari. Karakter
tersebut adalah cinta kepada Allah, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Karakter-karakter tersebut
telah mereka tunjukkan baik di sekolah maupun di rumah.