Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
GITA RAHMAWATI , NIM. 10670018
Subject
Pendidikan Kimia
Datestamp
2016-02-15 01:55:18
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh yang signifikan
dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap nilai
kerjasama siswa. 2) pengaruh yang signifikan dari penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar kognitif kimia.
Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment dengan desain
penelitian Nonequivalent Control Pre-test dan Post-test Group Design. Penelitian
dilakukan di SMAN 1 Bambanglipuro Bantul kelas X Semester Genap Tahun
Ajaran 2013/2014 pada Materi Pokok Hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 5 kelas. Sampel yang diambil dalam
penelitian ini adalah kelas X4 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas X3 (sebagai
kelas kontrol). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random
sampling. Teknik pengambilan data pada penelitian ini dengan cara ujian yakni
pre-test dan post-test, pengisian skala kerjasama, dan observasi. Teknik analisis
data dilakukan dengan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan 1) tidak ada pengaruh yang signifikan dari
penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap nilai
kerjasama siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai sig.(2-tailed) dari uji t >
0,05 yaitu sebesar 0,282. 2) tidak ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan
model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar kognitif
kimia. Hal ini dibuktikan dengan hasil sig.(2-tailed) dari Uji Mann Whitney > 0,05
yaitu sebesar 0,953.