Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
AHMAD WAHYU ADI PRABOWO , NIM. 09470161
Subject
Kependidikan Islam
Datestamp
2014-11-03 01:38:03
Abstract :
AHMAD WAHYU ADI PRABOWO. Implementasi Nilai-nilai Karakter
Tanggung Jawab Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Peserta Didik Di MTs Negeri
Sumberagung Bantul Yogyakartal. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014.
Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan sebagai proses menghantarkan
peserta didik ke arah yang lebih baik sesuai dengan tujuan pembelajarannya, namun
kenyataan masih banyak masalah dan kendala. Diantara sekian banyak problematika
yang terjadi salah satunya adalah Demoralisasi.. Permasalahan yang diangkat dalam
penelitian ini adalah bagaimana pengembangan nilai-nilai karakter tanggung jawab,
bagaimana implementasi nilai-nilai karakter tanggung jawab dalam pembelajaran
Akidah Akhlak peserta didik, faktor pendukung dan penghambat dalam proses
implementasi nilai-nilai karakter tanggung jawab dalam pembelajaran Akidah Akhlak,
serta bagaimana hasil implementasi nilai-nilai karakter tanggung jawab peserta didik
dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri Sumberagung Bantul Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengambil
lokasi di MTs Negeri Sumberagung Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan
dengan wawancara mendalam, pengamatan, dan dokumentasi. Validitas data
menggunakan teknik trianggulasi Sumber. Metode analisis data menggunakan reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Pengembangan nilai-nilai karakter
tanggung jawab yang bertujuan untuk membina karakter dan tanggung jawab peserta
didik tidak hanya dilakukan di dalam kelas saja ketika pelajaran berlangsung, namun
juga dilanjutkan di luar kelas melakukan kegiatan habituasi atau pembiasaan hidup
berkarakter. Program pengembnagan nilai-nilai karakter tanggung jawab yang dilakukan
di kelas dilanjutkan di luar kelas. Pihak sekolah menerapkan pengembangan nilai-nilai
karakter tanggung jawab diluar kelas melalui berbagai macam kebiasaan. (2)
Implementasi nilai-nilai karakter tanggung jawab di MTs Negeri Sumberagung
tercantum dalam RPP guru meskipun dalam pelaksanaannya langsung diintergrasikan
dalam proses pembelajaran, melalui metode PAKEM.. (3) Faktor pendukung dan
penghambat. Faktor pendukung antara lain adalah : a) proses habituasi, b) adanya
dukungan dari dalam dan luar madrasah, c) adanya dukungan dari pihak orang tua/ wali
peserta didik terhadap, d) kedekatan emosi antara guru dan peserta didik, e) guru
memiliki semangat tinggi ketika mengajar. Sedangkan faktor penghambat terhadap
adalah : a) aspek kepribadian peserta didik itu sendiri, b) faktor dari luar dan
lingkungan, c) kurangnya perhatian keluarga. (4) Hasil implementasi nilai-nilai karakter
tanggung jawab peserta didik dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs Negeri
Sumberagung Bantul Yogyakarta, Tanggung jawab kepada Tuhan berjalan dengan baik,
Tanggung jawab terhadap manusia berjalan cukup baik dan Tanggung Jawab kepada
Alam secara keseluruhan berjalan dengan baik.