Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
NURUL BADRIYAH, NIM. 07690026
Subject
Pendidikan Fisika
Datestamp
2016-02-15 02:37:50
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan perangkat penilaian tugas
kinerja untuk evaluasi pembelajaran sains di SMP, 2) Mengetahui kualitas
perangkat penilaian tugas kinerja yang dikembangkan, 3) Mengetahui respon guru
terhadap perangkat penilaian tugas kinerja untuk evaluasi pembelajaran sains di
SMP.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and
Development/R&D) model prosedural deskriptif yang menunjukkan langkahlangkah
yang harus diikuti yaitu model 4-D yang meliputi 4 langkah yaitu
pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan
penyebaran (disseminate). Penelitian dibatasi pada tahap develop. Pengumpulan
data menggunakan lembar penilaian (Skala Likert) yang sudah divalidasi oleh ahli
instrumen. Kualitas instrumen berdasarkan penilaian guru IPA SMP/MTs, 6 guru
pada uji terbatas dan 28 guru pada uji luas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) telah dikembangkan perangkat
penilaian tugas kinerja untuk evaluasi pembelajaran sains di SMP kelas VIII
semester genap pada pokok bahasan cahaya, 2) berdasarkan penilaian oleh guru,
instrumen penilaian tugas kinerja untuk evaluasi sains yang dikembangkan
memiliki kualitas sangat baik (SB) dengan persentase keidealan 82,23% pada uji
coba terbatas dan 93,93% pada uji coba luas, 3) secara garis besar, respon guru
terhadap perangkat penilaian tugas kinerja untuk evaluasi pembelajaran sangat baik
dan mampu mendukung proses pembelajaraan dalam ranah psikomotorik.