DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN PENILAIAN TUGAS KINERJA UNTUK EVALUASI PEMBELAJARAN SAINS DI SMP
Total View This Week23
Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
NURUL BADRIYAH, NIM. 07690026
Subject
Pendidikan Fisika 
Datestamp
2016-02-15 02:37:50 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan perangkat penilaian tugas kinerja untuk evaluasi pembelajaran sains di SMP, 2) Mengetahui kualitas perangkat penilaian tugas kinerja yang dikembangkan, 3) Mengetahui respon guru terhadap perangkat penilaian tugas kinerja untuk evaluasi pembelajaran sains di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) model prosedural deskriptif yang menunjukkan langkahlangkah yang harus diikuti yaitu model 4-D yang meliputi 4 langkah yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Penelitian dibatasi pada tahap develop. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian (Skala Likert) yang sudah divalidasi oleh ahli instrumen. Kualitas instrumen berdasarkan penilaian guru IPA SMP/MTs, 6 guru pada uji terbatas dan 28 guru pada uji luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) telah dikembangkan perangkat penilaian tugas kinerja untuk evaluasi pembelajaran sains di SMP kelas VIII semester genap pada pokok bahasan cahaya, 2) berdasarkan penilaian oleh guru, instrumen penilaian tugas kinerja untuk evaluasi sains yang dikembangkan memiliki kualitas sangat baik (SB) dengan persentase keidealan 82,23% pada uji coba terbatas dan 93,93% pada uji coba luas, 3) secara garis besar, respon guru terhadap perangkat penilaian tugas kinerja untuk evaluasi pembelajaran sangat baik dan mampu mendukung proses pembelajaraan dalam ranah psikomotorik.  
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga