Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
DWI ISMAWATI , NIM. 10416030
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2014-11-28 03:14:59
Abstract :
DWI ISMAWATI. Upaya Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan
Agama Islam Melalui Ekstra Kurikuler Karawitan Di Sekolah Dasar Muhammadiyah
Purbayan Kotagede Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah
pendidikan keagamaan/ akhlak dari para siswa berbeda-beda karena mereka berasal
dari kalangan berbeda-beda baik dari lingkungan keluarga, lingkungan bermain
ataupun di lingkungan masyarakatnya. Berangkat dari peran penting pendidikan
dalam membentuk kepribadian anak, menarik kiranya untuk dikaji lebih jauh tentang
upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui
ekstrakurikuler karawitan di Sekolah Dasar Muhammadiyah Purbayan Kotagede,
Yogyakarta. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana
upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan
ekstrakurikuler karawitan pada siswa SD Muhammadiyah Purbayan Kotagede dan
apa faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama
Islam melalui kegiatan ekstrakurikuler karawitan pada siswa SD Muhammadiyah
Purbayan Kotagede. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam
menanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan ekstrakurikuler
pada siswa SD Muhammadiyah Purbayan Kotagede dan faktor pendukung dan
penghambat penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan
ekstrakurikuler karawitan pada siswa SD Muhammadiyah Purbayan Kotagede.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil
latar SD Muhammadiyah Purbayan. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data
dilakukan dengan langkah pengumpulan data, menganalisa data dan menginterpretasi
data yang ada dengan metode induktif, yakni melakukan analisa berdasarkan data
yang diperoleh sehingga dapat ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Upaya yang dilakukan oleh guru
ekstrakurikuler karawitan di SD Muhammadiyah Purbayan dengan kegiatan
pembiasaan terlebih dahulu sebelum guru mengajarkan karawitan itu sendiri, nilainilai
pendidikan agama Islam yang disampaikan melalui karawitan tersebut meliputi
nilai pendidikan aqidah (keimanan), nilai pendidikan ibadah, dan nilai pendidikan
akhlak. 2) Faktor pendorong dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam
menanamkan nilai Pendidikan Islam adalah antusias siswanya terhadap seni
karawitan cukup tinggi. Sedangkan faktor penghambat dalam menanamkan nilai
Pendidikan Islam adalah guru hanya sekedar memberikan motivasi bukan berupa
tindakan nyata dan peralatan karawitan yang ada kurang mencukupi/kurang lengkap.