Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
IMAM MASYHURI , NIM. 09410269
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2014-12-01 07:34:31
Abstract :
IMAM MASYHURI.Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Film The
Alchemist Of Happiness Karya Ovidio Salazar dan Relevansinya terhadap PAI.
Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah
dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis nilai-nilai
pendidikan islam dalam Film The Alchemist of Happiness karya Ovidio Salazar.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangsih bagi dunia pendidikan,
khususnya dalam teori kependidikan yang berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan
karakter dan kepribadian peserta didik, untuk pertimbangan para pemangku
pendidikan atau guru. Pendidikan merupakan modal utama keberhasilan
seseorang, kebangkitan suatu bangsa dan kemajuan suatu negara. Tidak sedikit
suatu bangsa menjadi terpuruk, menjadi negara tertinggal disebabkan oleh sistem
pendidikan yang lemah. Oleh karena itu, banyak para intelektual, para tokoh
pendidikan mencari konsep yang tepat untuk disosialisasikan kepada masyarakat
dengan tujuan membangkitkan dan memajukan SDM yang belakangan ini sudah
tertinggal jauh oleh negara-negara lain.
Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research). Dalam hal
ini Film The Alchemist of Happiness menjadi obyek formal penelitian. Metode
pengolahan data yang dipakai adalah metode deskriptif-analitik, yaitu suatu
metode dalam penelitian kepustakaan dengan cara menggambarkan atau
memaparkan data yang diperoleh secara jelas kemudian menafsirkannya dengan
menggunakan pendekatan historis dan PAI (Pendidikan Agama Islam).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: tersirat dalam Film The Alchemist
Of Happiness yakni tentang Nilai-Nilai Karakter Imam Al-Ghazali. Nilai-nilai
karakter yang terdapat dalam film The Alchemist of Happiness antara lain adalah:
disiplin keilmuan, sabar, zuhud, jiwa yang sehat, introspeksi diri. Kemudian nilainilai
karakter Imam Al-Ghazali dalam film The Alchemist of Happiness dapat
diimplikasikan terhadap salah satu komponen pendidikan Agama Islam yaitu
peserta didik dalam berperilaku atau beretika. Yakni etika atau perilaku dalam
hubungannya terhadap Allah Yang Maha Esa, diri sendiri, keluarga, serta
masyarakat. Pendidikan karakter dalam perspektif Islam sejatinya adalah
internalisasi nilai-nilai adab ke dalam pribadi pelajar. Internalisasi ini merupakan
proses pembangunan jiwa yang berasaskan konsep keimanan. Pendidikan karakter
yang terjadi selama ini, diajarkan minus nilai keimanan dan konsep adab.
Sehingga, proses pembangunan karakter tersendat bahkan hilang sama sekali.
Dalam penelitian ini terlihat adanya kesamaan tujuan antara pendidikan Islam
dengan pendidikan karakter. Kedua pendidikan ini sama-sama ingin membentuk
manusia yang bermoral, berakhlak mulia, sehingga menjadi insan kamil.