Abstract :
Untari. Judul penelitian ini adalah Dampak Penerapan
Penilaian Autentik Terhadap Hasil Belajar PAI Kelas X di SMA Negeri
1 Jetis. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu
Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2014.
Di latar belakangi dengan masih ditemukannya penilaian yang
bersifat satu arah dan kurang menyeluruh, hanya mementingkan aspek
kognisi sehingga kurang menyentuh aspek ketrampilan dan sikap.
Sehingga hasil dari penilaian tersebut belum memicu timbulnya hasil
belajar yang maksimal dalam diri peserta didik. Adapun tujuan dari
penelitian ini untuk mengetahui penerapan penilaian autentik pada
pembelajaran PAI. Dimana penilaian autentik kajian penilitiannya
terletak pada tiga ranah yaitu kognisi, psikomotor dan afeksi. Setelah
diketahui penerapan penilaian autentik tersebut, kemudian penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis hasil belajar setelah diterapkannya
penilaian autentik pada pembelajaran PAI.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Objek penelitian
dalam penelitian ini adalah lingkungan sekolah dan penerapan penilaian
autentik pada mata pelajaran PAI di kelas X serta dampaknya terhadap
hasil belajar. Sifat dari penelitian kualitatif, menggunakan dokumen
serta data wawancara sebagai hasil dari penelitian. Adapun metode
yang digunakan untuk menganalisis yaitu Triangulasi.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa proses penerapan penilaian
autentik di SMA N 1 Jetis diterapkan dengan cukup baik. Teknik dan
instrument yang diterapkan dalam aspek kognisi, psikomotor dan afeksi
dilakukan sesuai pedoman yang ada. Dampak dari penilaian autentik
terhadap hasil belajar peserta didik, dapat diketahui dari keberhasilan
berjalannya penilaian yang menyeluruh serta kondisi peserta didik yang
semakin bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Peserta
didik lebih mandiri dalam belajar memahami dan mencari informasi
terkait dengan materi yang diajarkan dan di nilai. Dengan demikian
dapat dikatakan bahwa penilaian autentik yang dilakukan oleh guru
PAI, mempunyai dampak yang positif terhadap hasil belajar peserta
didiknya.