Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
NASRUL FAUZI, S.PD. I, NIM: 1320420013
Subject
Pendidikan Islam (Pesantren)
Datestamp
2015-04-14 01:16:51
Abstract :
Penelitian ini dilakukan berawal dari kegelisahan akademik peneliti dalam
pengamatan yang dilakukan pada sekolah-sekolah tingkat dasar. Pada umumnya
ilmu pengetahuan hanya bersifat kognitif saja. Perlunya menginternalisasikan
nilai-nilai humanis pada bahan ajar berupa modul merupakan salah satu jalan
merubah paradigma peserta didik agar memiliki kepekaan sosial dalam
pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitan
ini bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar pembelajaran IPA yang
berkualitas dan berbasis nilai humanis John P. Millerpada pembelajaran sains
untuk meningkatkankepekaan sosial peserta didik tingkat Madrasah Ibtidaiyah
/Sekolah Dasar, penelitian ini untuk mengetahuirespon siswa terhadap modul
yang dikembangkan serta faktor-faktor apa saja yang menjadi kelebihan dan
kekurangan dari modul yang dikembangkan.Proses pengembangan meliputi
perencanaan, desain, dan pengembangan. Validasi produk dilakukan dengan cara
meminta ahli media dan dosen ahli materi untuk memberi masukan berupa
penilaian dan saran.Setelah itu dilakukan uji coba skala kecil dan revisi, ujicoba
skala besar dan revisi, serta diseminasi produk.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk Modul secara umum layak
digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini didasarkan pada skor penilaian
yang diperoleh melalui uji coba produk modul pembelajaran IPA berbasis nilai
Humanis John P. Miller telah mencapai kategori sangat baik. Skor penilaian dari
ahli materi mencapai rata-rata 4,3 dan dari ahli media mencapai 4,27. Sedangkan
untuk guru mencapai rata-rata 4,77 dan 4,51, teman sejawat mencapai skor ratarata
4,83 dan 4,8. Respon peserta didik pada uji coba kelompok skala kecil dan
besar mencapai 4,50 dan 4,65. Observasi nilai-nilai humanis (kepekaan Sosial)
pada uji coba skala kecil mencapai 87,01% dan pada uji coba skala besar sebelum
penggunaan modul mencapai 46,5% menjadi 83% setelah penggunaan modul,
berarti kepekaan sosial peserta didik kenaikan yang sangat signifikan.Jadi dapat
disimpulkan bahwa produk Modul IPA Berbasis Nilai-Nilai Humanis layak
menjadi media pembelajaran untuk menumbuhkan kepekaan sosial.Kelebihan dari
modul IPA berbasis nilai humanis ini antara lain modul IPA ini dapat membuat
pembelajaran lebih bermakna karena banyak mengandung pembelajaran
kontekstual yang memudahkan pemahaman siswa, mengandung muatan humanis
dan penerapannya dalam pembelajaran, sesuai dengan keadaan sehari-hari siswa,
Gambar lebih menarik, sesuai dengan psikologis siswa kelas IV MI/SD.
Kelemahan modul ini adalah modul ini hanya mengangkat satu sub tema yaitu
makanan sehat dan bergizi, modul ini hanya mengambil satu sub unit yaitu kepekaan sosial