Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
TGK. ALI SADIKIN, S. Pd. I., NIM 1320431011
Subject
Pendidikan Islam (Pesantren)
Datestamp
2015-05-11 00:58:22
Abstract :
Bangsa Indonesia tengah menghadapi krisis besar, salah satunya krisis
akan nilai-nilai kebangsaan. Di kalangan pelajar misalnya, akhir-akhir ini marak
terjadi tawuran, keterlibatan dalam penggunaan obat-obatan terlarang ( narkoba ),
pergaulan bebas, rendahnya sikap menghormati guru dan orang tua, rendanya
tanggung jawab individu dan warga Negara, dan sederet persoalan lainnya. Oleh
karenanya, penyimpangan-penyimpangan tersebut perlu dibenahi dan diperbaiki.
Salah satunya media yang cukup efektif dalam memperbaki moral dan perilaku
anak adalah melalui sentra pendidikan. TK ABA Sapen Yogyakarta merupakan
sebuah lembaga pendidikan formal yang berupaya menanamkan nilai-nilai
kebangsaan pada siswa agar siswa mampu menjadi anak yang berperilaku baik
terhindar dari perilaku negatif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai kebangsaan yang
ditanamkan kepada siswa dan strategi yang digunakan dalam hal penanaman nilainilai
kebangsaan tersebut. Dengan ini diharapkan manfaat yang bisa diambil dari
rujukan, baik guru, kepala sekolah. Orang tua maupun pemerintah dalam hal
penanaman nilai-nilai kebangsaan pada siswa. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian lapangan, dengan metode penelitian kualitataif. Teknik pengumpulan
datanya yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode
analisis datanya yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan pengambilan
keseimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai kebangsaan yang
ditanamkan kepada siswa yaitu meliputi : nilai religius, toleransi, jujur, semangat
kebangsaan, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, mandiri, kreatif, rasa ingin
tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai,
demokratis, peduli sosial dan peduli lingkungan. Strategi yang digunakan dalam
penanamannya yaitu dengan sistem among ( among sistem), yakni melaksanakan
konsep Trilogi Kepemimpinan yang digagas oleh Ki Hadjar Dewantara, yaitu : “
Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madyo Mangun Karso, Tutwuri Handayaniâ€.
Dalam penanaman nilai-nilai kebangsaannya yaitu kegiatan belajar mengajar,
budaya sekolah, dan pengembangan diri.
Kata kunci : Penanaman Nilai-Nilai Kebangsaan, Anak Usia dini.