Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
NOVITA ENDAH SUSANTI, NIM. 09480046
Subject
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Datestamp
2015-05-26 02:17:34
Abstract :
Novita Endah Susanti, “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel
Anak-Anak Langit Karya Mohd Amin Ms dan Relevansinya dengan Pembelajaran
Akidah Akhlak di MIâ€. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan
Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015
Novel adalah salah satu karya sastra yang dapat digunakan sebagai media
pembelajaran dan penanaman nilai-nilai karakter terhadap seorang anak. Sebuah
novel biasanya menceritakan tentang kehidupan manusia dalam berinteraksi
dengan lingkungan dan sesamanya. Dengan demikian, adanya kisah-kisah atau
cerita yang disajikan dalam sebuah novel dapat membentuk kepribadian anak
serta menuntun kecerdasan emosionalnya. Terutama novel yang mengangkat
tema-tema pendidikan yang didalamnya mengandung unsur-unsur nilai karakter,
seperti yang terdapat dalam novel Anak-Anak Langit Karya Mohd Amin Ms.
Pokok pembahasan yang dikaji dalam penelitian ini adalah nilai-nilai karakter
yang terkandung dalam novel Anak-Anak Langit, dan bagaimana relevansinya
dengan pembelajaran akidah akhlak di MI.
Penelitian ini menggunakan studi pustaka (library research), yaitu dengan
teknik penelitian pengumpulan data dari berbagai materi yang terkandung dalam
kepustakaan, baik berupa buku, majalah, jurnal, dan beberapa tulisan lain yang
memiliki keterkaitan dengan pembahasan dalam peneliti ini. Penelitian ini
mengambil subjek kajian pada novel Anak-Anak Langit. Metode yang digunakan
adalah metode kualitatif-deskriptif, dengan menganalisis data yang diperoleh
dengan metode diskriptif-analitis.
Hasil penelitian ini menemukan adanya nilai-nilai pendidikan karakter
dalam novel Anak-Anak Langit antara lain adalah: nilai religius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat
kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar
membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Adapun
relevansinya dengan pembelajaran akidah akhlak di MI adalah, bahwa pendidikan
karakter mempunyai orientasi yang sama yakni pembentukan karakter anak, yang
mana terdapat hubungan antara nilai pendidikan karakter dengan pendidikan
pembelajaran akidah akhlak di MI.