Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
ABU ROUF NUR ROMADLONI, NIM. 11411004
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2015-07-27 01:22:16
Abstract :
ABU ROUF NUR ROMADLONI. Integrasi Pendidikan Nilai dengan
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui Scientific
Approach di SMP Negeri 1 Playen, Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan
Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan
Kalijaga Yogyakarta 2015.
Latar belakang penelitian ini adalah adanya kemerosotan moral dewasaa
ini terjadi keran proses pembelajarancenderung mengajar sebats teks dan kurang
mempersiapkan siswa untuk menyikapi dan menghadapi kehidupan yang
kompetitif. Selain itu, Pendidikan Agama Islam juga dianggap menjadi salah satu
pelajaran yang efektif untuk membentuk sikap peserta didik, dan mengajarkan
nilai-nilai luhur agama. SMP Negeri 1 Playen adalah sekolah model yang
menerapkan integrasi pendidikan nilai dengan pembelajaran Pendidikan Agama
Islam. Adapun yang menajdi rumusan masalah dalam penelitian yaitu: bagaimana
konsep integrasi pendidikan nilai dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam
dan Budi Pekerti melalui Scientific Approach dan bagaimana penerapannya di
SMP Negeri 1 Playen.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar
SMP Negeri 1 Playen. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan
obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
menelaah seluruh data, mengurangi, mendisplay, dan kemudian menyimpulkan
dengan data yang diperoleh. Dalam penarikan kesimpulan, penulis menggunakan
triangulasi data data dengan cara membandingkan informasi yang diperoleh daari
beberapa sumber sehingga diperoleh data yang absah. Proses berfikirnya
dilakukan dengan cara menarik kesmipulan diakhir peristiwa dan fakta-fakta.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Konsep Integrasi pendidikan nilai
dengan pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti melalui scientific
approach di SMP Negeri 1 Playen adalah model integrasi diadik komplementer
yakni model yang menganggap bahwa sains dan agama adalah sebuah kesatuan
yang tidak dapat dipisahkan. Sedangkan implementasinya terdiri dari empat
tataran, yakni: institusional, konseptual, operasional, dan arsitektual/ (2)
Penerapan integrasi pendidikan nilai dengan pembelajaran pendidikan agama
Islam dan budi pekerti melalui scientific approach di SMP Negeri 1 Playen adalah
dengan melakukannya dalam proses pembelajaran didalam kelas yang didukung
dengan metode dan strategi guru dalam mengajar yang disampaikan melalui
pendekatan saintifik. Pemilihan metode dan strategi disesuaikan dengan materi
yang akan disampaikan.