Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
MIN ZAIDAH, NIM. 11410171
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2015-07-27 06:23:00
Abstract :
Min Zaidah. Nilai Pendidikan Akhlak dalam Buku “Umar bin Al Khathab
The Conqueror†dan Relevansinya terhadap Pembentukan Akhlak Kebangsaan
Siswa. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu
Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2015.
Latar belakang penelitian ini berdasarkan fenomena bahwa moral bangsa
Indonesia kian hari kian menurun. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor,
diantaranya: pengaruh perkembangan IPTEK yang tidak dibarengi dengan
kekuatan spiritual, adanya pendidikan yang hanya mementingkan materi tanpa
memerhatikan aspek akhlak, kurangnya penanaman nilai-nilai akhlak yang dapat
memberikan filter bagi siswa. Kisah Khalifah Umar bin Al-Khathab dapat
memberi gambaran kepada siswa tentang bagaimana akhlak bangsa yang
seharusnya. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah: (1) Apa saja nilai
pendidikan akhlak yang terkandung dalam buku “Umar bin Al-Khathab The
Conqueror� Bagaimana relevansinya terhadap pembentukan akhlak kebangsaan
siswa? Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan nilai
pendidikan akhlak yang terkandung dalam buku “Umar bin Al Khathab The
Conquerorâ€; (2) merelevansikan nilai pendidikan akhlak dalam buku “Umar bin
Al Khathab The Conqueror†dengan pembentukan akhlak kebangsaan siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian literer dengan mengambil obyek
penelitian dari Buku “Umar bin Al Khathab The Conquerorâ€. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologi pendidikan. Adapun
pengumpulan data dilakukan dengan metode membaca dan memahami secara
cermat, kemudian mengklasifikasikan data ke dalam beberapa komponen, serta
menganalisis data yang ada secara menyeluruh. Analisis data dilakukan dengan
content analisys (analisis isi), yaitu menganalisis isi buku terutama yang
berhubungan dengan isi komunikasi, baik secara verbal maupun non verbal secara
detail sehingga menemukan kandungan nilai pendidikan akhlak dalam buku
tersebut.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat nilai pendidikan
akhlak dalam buku “Umar bin Al Khathab The Conquerorâ€, diantaranya nilai
pendidikan akhlak terhadap negara, nilai pendidikan akhlak terhadap pemimpin,
nilai pendidikan akhlak terhadap simbol-simbol negara, dan nilai pendidikan
akhlak terhadap masyarakat. 2) terdapat relevansi antara nilai pendidikan akhlak
dalam buku “Umar bin Al Khathab The Conqueror†dengan pembentukan akhlak
kebangsaan siswa ditinjau dari segi tujuan pembentukan akhlak kebangsaan,
ideologi akhlak kebangsaan, sosialisasi akhlak kebangsaan, dan kriteria akhlak
kebangsaan.