Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
USWATUN HASANAH, NIM. 11410037
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2015-07-28 02:48:13
Abstract :
USWATUN HASANAH. Penggunaan Media Video Sebagai Sumber
Belajar PAI dan Budi Pekerti dalam Meningkatkan Nilai Keislaman Siswa di
Kelas X 3 SMA Negeri 3 Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah
dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015.
Latar belakang penelitian ini adalah semakin berkembangnya pengetahuan
dan teknologi di masyarakat yang sangat pesat. Perkembangan ini sangat
berpengaruh dalam berbagai bidang, termasuk dalam bidang pendidikan.
Kebiasaan guru dalam mengajar dengan menggunakan media itu-itu saja, dan
menggunakan hanya bersumber dari buku juga menjadi latar belakang penelitian
ini. Tujuan Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti akan lebih mudah tercapai ketika
guru menambahkan variasi dalam penggunaan media yang juga dapat menjadi
sumber belajar siswa seperti video. Media audio visual berupa video ini dapat
digunakan sebagai pendukung tercapainya tujuan pendidikan dan juga sebagai
pemerkaya sumber belajar siswa. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian untuk
mengetahui penggunaan media audio visual dalam pembelajaran PAI dan Budi
Pekerti di kelas X 3 SMA Negeri 3 Bantul. Permasalahan dalam penelitian ini
adalah bagaimana pemanfaatan media audio visual dalam proses pembelajaran
PAI dan Budi Pekerti di kelas X 3 SMA Negeri 3 Bantul, dan nilai-nilai
pendidikan agama Islam yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran dengan
media audio visual berupa video serta prestasi belajar siswa bidang PAI dan Budi
Pekerti.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar
proses belajar mengajar di kelas X 3 dan di lingkungan sekolah SMA Negeri 3
Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan,
wawancara mendalam, dan dokumentasi serta menggunakan angket dengan
analisis sederhana. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap
data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses pembelajaran PAI dan Budi
Pekerti dengan media video X 3 SMA Negeri 3 terlaksana sesuai prosedur. Guru
melaksanakan tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi
pembelajaran sesuai dengan rpp yang telah dibuat. (2) Nilai keislaman yang
terdapat dalam pembelajaran dengan media video meliputi nilai tauhid, sosial,
akhlak dan ibadah. Masing-masing ditanamkan di kelas X 3. (3) Hasil belajar
yang diperoleh siswa dalam pembelajaran dengan media video baik dan media
video efektif digunakan seba