Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
FAHRIZAL IBNU PRADANA, NIM. 11410012
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2015-07-28 02:59:58
Abstract :
Fahrizal Ibnu Pradana. Nilai-Nilai Pendidikan Anti Kekerasan dalam
Buku Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X dan XI SMA.
Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah
dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015.
Latar belakang penelitian ini berawal dari banyaknya tindak kekerasan
yang terjadi di dunia pendidikan terutama di sekolah. Pendidikan yang seharusnya
menjadi tempat menanamkan akhlak dan budi pekerti yang baik justru menjadi
tempat menjamurnya tindak kekerasan. Pendidikan anti kekerasan merupakan
salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meminimalisir adanya tindak
kekerasan di dunia pendidikan. Pendidikan anti kekerasan tersebut dapat
diintegrasikan dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Pendidikan anti kekerasan ini dapat diintegrasikan dalam materi pelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, sehingga penelitian ini difokuskan
pada kandungan nilai pendidikan anti kekerasan dalam buku ajar Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X dan XI SMA. Tujuan penulisan skripsi ini
adalah untuk mengetahui konsep pendidikan anti kekerasan dan nilai-nilai
pendidikan anti kekerasan dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti Kelas X dan XI SMA.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan dengan sumber data
primer buku ajar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Kelas X dan XI SMA.
Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan dokumentasi. Penelitian ini
mengggunakan pendekatan psikologi pendidikan. Pendekatan ini dipilih karena
mengkaji masalah dengan mempelajari sikap dan tingkah laku siswa sebagai
individu, anggota kelompok, dan hubungan antara keduanya dengan lingkungan
sekitar (guru, lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat) dalam proses belajar
mengajar. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik Analisis isi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Konsep pendidikan anti
kekerasan dapat dikaitkan dengan pendidikan damai yang bertujuan untuk
menanamkan nilai-nilai anti kekerasan dan cinta damai agar menjadi prinsip hidup
dalam segala hal. 2) Kandungan nilai Pendidikan Anti Kekerasan dalam Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas X dan XI mencakup lima
nilai/aspek yaitu saling percaya, kerja sama, tenggang rasa, penerimaan terhadap
perbedaan, serta penghargaan terhadap kelestarian lingkungan. Nilai-nilai ini
terdapat dalam 9 bab pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas
X, serta 9 bab dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI.