Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
SULKHAN SOFYAN, NIM. 09410142
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2015-07-28 04:48:34
Abstract :
SULKHAN SOFYAN. Materi dan Metode Pendidikan Anak Menurut
Abdullah Nasih Ulwan Ditinjau Dari Perspektif Catur Pusat Pendidikan. Skripsi.
Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan
Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015.
Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan anak merupakan tanggung
jawab besar yang harus diberikan orang tua kepada anak sejak usia dini.
Pendidikan itu sendiri merupakan suatu alat yang berupa usaha untuk
menumbuhkan, mengembangkan, memperbaiki, mengurus, memimpin,
mengawasi dan menjaga anak didik. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi
terhadap metode pembelajaran anak. Hal ini dimaksudkan agar anak memiliki
kemampuan intelegensi yang memadai, kemampuan bersosialisasi, serta memiliki
akhlak yang baik. Berawal dari hal tersebut, penulis mencoba menawarkan materi
dan metode pendidikan menurut salah satu pemikir kontemporer muslim yang
bernama Abdullah Nasih Ulwan yang beberapa pemikirannya tentang pendidikan
anak yang mencakup pendidikan anak serta peran keluarga, sekolah, dan
masyarakat sebagai pusat pendidikan bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui materi dan metode pendidikan anak menurut Abdullah Nasih Ulwan
dan untuk mengetahui materi dan metode pendidikan anak menurut Abdullah
Nasih Ulwan berdasarkan catur pusat pendidikan Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Dan
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, yaitu
melalui benda-benda tertulis berupa buku-buku, dokumen dan internet yang dapat
mendukung kajian penelitian. Analisis data yang dilakukan dengan model analisis
isi (content analysis).
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa materi pendidikan anak menurut
Abdullah Nasih Ulwan terdiri dari pendidikan keimanan, pendidikan moral,
pendidikan fisik, pendidikan rasio (nalar), pendidikan kejiwaan, pendidikan sosial,
dan pendidikan seksual. Sedangkan metode pendidikan anak menurut Abdullah
Nasih Ulwan terdiri dari metode pendidikan dengan keteladanan, pendidikan
dengan adat kebiasaan, pendidikan dengan nasehat, pendidikan dengan
memberikan perhatian, dan pendidikan dengan memberikan hukuman.Dari segi
catur pusat pendidikan terdiri dari: 1) pada lingkup keluarga; materi pendidikan
anak yang dominan diterapkan adalah pendidikan keimanan,pendidikan
moral,pendidikan fisik,pendidikan rasio,pendidikan kejiwaan,pendidikan sosial
dan pendidikan seksual. 2) pada lingkup masjid; materi yang dominan yang
diterapkan adalah pendidikan keimanan,pendidikan moral dan sosial. 3) pada
lingkup sekolah; materi yang dominan adalah pendidikan keimanan, pendidikan
moral, pendidikan fisik,pendidikan rasio, pendidikan kejiwaan. 4) pada lingkup
masyarakat; materi yang dominan yang dapat diterapkan adalah materi pendidikan
moral, pendidikan rasio dan sosial. Sedangkan metode yang dapat diterapkan
adalah pendidikan dengan keteladanan,dengan adat kebiasaan.