Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
LUKMAN FAJRI KUSUMO, NIM. 11480046
Subject
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Datestamp
2015-07-29 02:23:27
Abstract :
LUKMAN FAJRI KUSUMO. Implementasi Nilai-Nilai Karakter dalam
Pembelajaran Tematik Model Cooperative Learning Kelas IV C di MIN Jejeran
Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015.
Penelitian bertujuan untuk mendiskripsikan pengembangan dan implementasi,
serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai
karakter dalam pembelajaran tematik model cooperative learning kelas IV C di
MIN Jejeran Bantul. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guruguru
MIN Jejeran sebagai bahan evaluasi sehubungan dengan diterapkannya
Kurikulum 2013, sehingga dapat meraih hasil yang lebih maksimal.
Penelitian di MIN Jejeran merupakan jenis penelitian lapangan (field researh)
yang menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan
melakukan observasi pembelajaran tematik model cooperative learning,
wawancara secara semi-terstruktur, dan dokumentasi pembelajaran. Analisis data
dilakukan dengan cara mereduksi data, triangulasi data dalam bentuk teks naratif,
dan penarikan kesimpulan dari data yang diperoleh.
Hasil penelitian adalah mendiskripsikan pengembangan dan implementasi
nilai-nilai karakter dalam pembelajaran tematik model cooperative learning, serta
mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai karakter
dalam pembelajaran tematik model cooperative learning kelas IV C di MIN
Jejeran. Pengembangan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran tematik
dikembangkan melalui perencanaan, kegiatan pembelajaran, dan kegiatan
madrasah (rutin). Implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran tematik
model cooperative learning kelas IV C diperoleh 9 karakter dengan intensitas
tinggi dari karakter yang ditawarkan Kemendikbud dapat diimplementasikan.
Faktor pendukung dalam implementasi ini, terdiri dari guru melalui keteladanan
dan strategi pembelajaran, kemudian kurikulum melalui pembelajaran tematik dan
antusiasme peserta didik, dan madrasah melalui kegiatan dan fasilitas yang ada.
Faktor yang menghambat implementasi ini antara lain: lingkungan masyarakat,
peserta didik, serta waktu dan materi pembelajaran.