Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
KHAKAM UMAM ASNAWI, NIM. 10220039
Subject
Bimbingan dan Konseling Islam
Datestamp
2015-08-03 02:17:13
Abstract :
Khakam Umam Asnawi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini berjudul
“Konseling Kelompok Menggunakan Nilai-Nilai Buku Malas Tapi Sukses
(The Lazy Way to Succes) Karya Fred Gratzon dalam menangani siswa sulit
belajar di MAN 2 Kebumenâ€.
Penelitian ini berfokus pada pengaruh pengukuran yang ditimbulkan dari
buku karya Fred Gratzon yang berjudul Malas Tapi Sukse (The Lazy Way to
Succes), yang berisi tentang malas sebagai sifat baik yang dapat membuat sebuah
kesuksesan, terhadap kesulitan belajar siswa dengan pendekatan konseling
kelompok di MAN 2 Kebumen.
Tujuan penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh nilai malas dalam
buku Malas Tapi Sukses (The Lazy Way to Succes) terhadap siswa kesulitan
belajar dengan menggunakan konseling kelompok di MAN 2 Kebumen. Dalam
penelitian ini perlakuan berupa konseling kelompok diharapkan mampu
mempengaruhi kesulitan belajar yang dialami siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen tanpa menggunakan
kelas kontrol. Tanpa menggunakan kelas kontrol dengan alasan bahwa 6 subyek
dalam penelitian ini memiliki kriteria tertentu sesuai kebutuhan penelitian ini,
yaitu subyek yang memiliki kesulitan belajar tinggi. Sedangkan disain penelitian
dengan mengadakan one group pretest-posttest desigh, yaitu desain penelitian
dengan mengadakan pretest dan posttest setelah perlakuan pada satu kelas
eksperimen.
Data yang diperoleh dari hasil uji statistik menggunakan uji wilcokon
adalah p-value = 0,028 > alpa = 0,005, maka hipotesis diterima sehingga dengan
alpa 5 persen dinyatakan konseling kelompok menggunakan nilai-nilai buku
Malas tapi Sukses (The Lazy Way to Succes) karya Fred Gratzon dapat
mengurangi kesulitan belajar siswa. Sedangkan hasil uji beda t-test dengan sempel
berhubungan menunjukkan nilai mean 138,5000 untuk pretest dan 83,5000 untuk
posttest terdapat pengaruh kesulitan belajar setelah diberi perlakuan yaitu
konseling kelompok. Selanjutnya diperoleh signifikansi p value 0,000 (p<0,05)
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari konseling
kelompok dengan materi Malas Tapi Sukses (The Lazy Way to Succes) karya Fred
Gratzon terhadap kesulitan belajar di MAN 2 Kebumen.