Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
KHOIROYYAROH, NIM. 11470134
Subject
Kependidikan Islam
Datestamp
2015-08-25 07:09:26
Abstract :
Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah Pendidikan
berbasis Islam yang gencar dibicarakan akhir-akhir ini adalah Pendidikan Islam
Terpadu karena dipercaya bahwa anak yang dididik dan dibekali ajaran agama
yang kuat sejak kecil akan memiliki kepribadian baik dan ilmu lain yang akan
baik pula. Hal ini dibuktikan dengan munculnya berbagai Sekolah Islam Terpadu.
Salah satu pendidikan yang berbasis Islam Terpadu di daerah Yogyakarta adalah
SMPIT BIAS, Pendidikan yang dikembang disekolah ini adalah pendidikan tauhid
dengan implementasi sekolah Islam berwawasan internasional. Berdasarkan hal
ini penulis merasa tertarik untuk mengadakan penelitian yang berkaitan dengan
Stretegi Penanaman Nilai-Nilai Ketuahidan di SMPIT BIAS Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar
SMPIT BIAS Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan
Observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah
Analisa Kualitatif dan Analisa Kuantitatif, Pemeriksaan keabsahan data
menggunakan Trianggulasi. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah
Kepala Sekolah, Guru PAI, Kepala TU dan Siswa SMPIT BIAS Yogyakarta.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang dipakai dalam
menanamkan nilai-nilai ketauhidan di SMPIT BIAS Yogyakarta adalah: Strategi
group dinamis, melibatkan peserta didik, Qur’an living curriculum, menstimulasi
kelas penuh, learning by doing, Tanya jawab. Faktor Pendukung yaitu Full day
school, Guru, Lingkungan, Dukungan masyarakat, Pesantren kilat. Faktor
penghambat yaitu: Tauhid berbahasa Arab, Sarana dan prasarana, Pengawasan,
kurangnya perhatian orang tua. Sedangkan hasil yang dicapai selama ini di lihat
dari segi afektik, siswa mampu bersikap dengan baik dalam kehidupan dan
lingkungan sekitarnya, sedangkan psikomotorik siswa terampil dalam hal-hal
yang positif dan sudah bisa menerapkan nilai-nilai tauhid yang telah diajarkan di
sekolah dengan baik, dan dari segi kognitif siswa sudah terbiasa berfikir dengan
baik runtun dan sistematis dalam pembelajaran disekolah dan mampu menerapkan
dikehidupan nyata dan lingkungan sekitar. Sedangkan berdasarkan nilai rata-rata
mata pelajaran Akidah adalah 8,57 dan dari hasil tersebut dapat diambil
kesimpulan dengan berdasarkan nilai standarisasi yang telah ditentukan bahwa
penanaman nilai-nilai ketauhidan pada siswa dikatakan sangat baik dalam artian
berhasil.