DETAIL DOCUMENT
STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI KETAUHIDAN DI SMP BIAS (BINA ANAK SHOLEH) YOGYAKARTA
Total View This Week15
Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
KHOIROYYAROH, NIM. 11470134
Subject
Kependidikan Islam 
Datestamp
2015-08-25 07:09:26 
Abstract :
Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah Pendidikan berbasis Islam yang gencar dibicarakan akhir-akhir ini adalah Pendidikan Islam Terpadu karena dipercaya bahwa anak yang dididik dan dibekali ajaran agama yang kuat sejak kecil akan memiliki kepribadian baik dan ilmu lain yang akan baik pula. Hal ini dibuktikan dengan munculnya berbagai Sekolah Islam Terpadu. Salah satu pendidikan yang berbasis Islam Terpadu di daerah Yogyakarta adalah SMPIT BIAS, Pendidikan yang dikembang disekolah ini adalah pendidikan tauhid dengan implementasi sekolah Islam berwawasan internasional. Berdasarkan hal ini penulis merasa tertarik untuk mengadakan penelitian yang berkaitan dengan Stretegi Penanaman Nilai-Nilai Ketuahidan di SMPIT BIAS Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMPIT BIAS Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Analisa Kualitatif dan Analisa Kuantitatif, Pemeriksaan keabsahan data menggunakan Trianggulasi. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru PAI, Kepala TU dan Siswa SMPIT BIAS Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang dipakai dalam menanamkan nilai-nilai ketauhidan di SMPIT BIAS Yogyakarta adalah: Strategi group dinamis, melibatkan peserta didik, Qur’an living curriculum, menstimulasi kelas penuh, learning by doing, Tanya jawab. Faktor Pendukung yaitu Full day school, Guru, Lingkungan, Dukungan masyarakat, Pesantren kilat. Faktor penghambat yaitu: Tauhid berbahasa Arab, Sarana dan prasarana, Pengawasan, kurangnya perhatian orang tua. Sedangkan hasil yang dicapai selama ini di lihat dari segi afektik, siswa mampu bersikap dengan baik dalam kehidupan dan lingkungan sekitarnya, sedangkan psikomotorik siswa terampil dalam hal-hal yang positif dan sudah bisa menerapkan nilai-nilai tauhid yang telah diajarkan di sekolah dengan baik, dan dari segi kognitif siswa sudah terbiasa berfikir dengan baik runtun dan sistematis dalam pembelajaran disekolah dan mampu menerapkan dikehidupan nyata dan lingkungan sekitar. Sedangkan berdasarkan nilai rata-rata mata pelajaran Akidah adalah 8,57 dan dari hasil tersebut dapat diambil kesimpulan dengan berdasarkan nilai standarisasi yang telah ditentukan bahwa penanaman nilai-nilai ketauhidan pada siswa dikatakan sangat baik dalam artian berhasil. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga