Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
AGUS WIDODO, NIM. 11670001
Subject
Pendidikan Kimia
Datestamp
2015-08-26 01:18:51
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya kontribusi antara Nilai Ujian
Nasional (NUN), minat belajar, dan kebiasaan belajar secara tersendiri terhadap
prestasi belajar kimia. Selain itu juga untuk mengetahui ada tidaknya kontribusi antara
Nilai Ujian Nasional (NUN), minat belajar, dan kebiasaan belajar secara bersamaan
terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA N 2 Banguntapan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimen yang berjenis ex post
facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-2 dan X-4, yang 50
diantaranya digunakan sebagai sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara
random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan skala dan metode dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya kontribusi antara Nilai Ujian Nasional dengan
prestasi belajar kimia, dengan r hitung sebesar 0.621. Pada taraf signifikansi 5% dengan
r tabel (n-2) sebesar 0.284. Ditarik kesimpulan bahwa terdapat kontribusi yang positif
antara minat belajar terhadap prestasi belajar dengan sumbangan efektif sebesar
23.16%. Kontribusi antara minat belajar terhadap prestasi belajar dengan r hitung
sebesar 0.621. Pada taraf signifikansi 5% dengan r tabel (n-2) sebesar 0.284. Ditarik
kesimpulan bahwa terdapat kontribusi yang positif antara minat belajar terhadap
prestasi belajar dengan sumbangan efektif sebesar 20.34%. Kontribusi antara kebiasaan
belajar dengan prestasi belajar dengan r hitung sebesar 0.649. Pada taraf signifikansi
5% dengan r tabel (n-2) sebesar 0.284. Ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan
yang positif antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar dengan sumbangan
efektif 16.44%. Selain itu kontribusi antara Nilai Ujian Nasional (NUN), minat belajar,
dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar dengan harga F hitung sebesar 23.013.
Pada taraf signifikansi 5% dengan F tabel (df = 3 : 46) sebesar 2.807, F hitung lebih
besar daripada F tabel atau dapat dikatakan hipotesis penelitian Ha diterima dan H0
ditolak. Ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif antara Nilai Ujian
Nasional (NUN), Minat belajar, dan Kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar dengan
sumbangan efektif sebesar 59.94%.
Kata Kunci: Ex Post Facto, NUN, Minat Belajar, Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar