Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
MIRA KHOIRUNNISAK, NIM. 1220411220
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2015-10-02 01:30:40
Abstract :
Mira Khoirunnisak, Nilai-nilai Pendidikan Multikultural dalam berbagai
kegiatan sekolah di SMA N 2 Sleman, Tesis, Yogyakarta: Konsentrasi Pendidikan
Agama Islam, program Studi Pendidikan Agama Islam, program Pascasarjana, UIN
Sunan Kaijaga Yogyakarta, 2015.
Latar belakang penelitian ini berangkat dari fakta bahwa Pendidikan di
Indoneasia kini jauh dari nilai-nilai yang menjunjung tinggi kebebasan, perbedaan dan
toleransi. Indonesia menghadapi era global saat ini tanpa benar-benar mencanangkan
nilai-nilai yang dianggap penting dalam menyatukan kesatuan sosial. Pemerintah juga
cenderung hanya merancang UU untuk pendidikan multikultural tanpa benar-benar
merealisasikannya disemua jenjang pendidikan. Banyak fakta pada dunia Pendidikan
bahwa menjunjung tinggi nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan multikultural
belum banyak ditemui. Maka dari itu kini peran semua pelaku pendidikan di Indonesia
adalah merealisasaikan nilai-nilai dalam pendidikan multikultural yang telah di rancang
dalam UU pada semua jenjang pendidikan.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan
dengan cara melihat langsung kegiatan-kegiatan pembelajaran atau kegiatan yang
mendukung pembelajaran dan diakaitkan dengan penerapan nilai-nilai pendidikan
multikultural dalam penerapannya. Kemudian dengan metode wawancara, observasi,
dokumentasi serta pengumpulan data dari berbagai sumber yang berkaitan.
Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Pendidikan multikultural sangat berperan
penting dalam dunia pendidikan karena pendidikan multikultural disini berdiri sebagai
suatu acuan atau dasar dalam berlangsungnya proses pendidikan. Pendidikan di
Indonesia yang terdapat berbagai macam suku, bahasa, agama, adat, budaya, dan gender
didalamnya sangat bukan tidak mungkin bila akan terjadi suatu konflik didalam nya
yang disebabkan karena perbedaan itu, kurangnya toleransi atau tidak adanya
penghargaan atas hak asasi manusia, sehingga pendidikan multikultural dianggap sangat
penting untuk menjadi dasar dalam dunia pendidikan, guna untuk menyatukan generasi
bangsa Indonesia dan mencegah terjadinya perpecahan bangsa yang disebabkan dari
dunia pendidikan. Kedua, kegiatan sekolah dilingkungan pendidikan SMA N 2 Sleman
yang mengandung nilai-nilai pendidikan multikultural cenderung stabil, penghargaan
terhadap perbedaan sudah dapat ditunjukkan serta direalisasikan. Penghargaan
perbedaan telah terbukti dapat diatasi, walaupun secara teori belum dapat sepenuhnya
terpahami oleh warga sekolah. Kemudian lingkungan sekolah yang heterogen justru
sangat mendukung dalam menghargaan perbedaan dan hak asasi manusia.