Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
UMMU AIMAN, NIM : 1320422039
Subject
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Datestamp
2015-10-21 01:14:31
Abstract :
Penilaian yang telah dilaksanakan di MIN Tempel sesuai dengan acuan
pada penilaian autentik yakni penilaian pada pembelajaran Contektual Teaching
and Learning, penilaian sikap pembiasaan kegiatan keagamaan dan penilaian
keterampilan olah raga. Namun penilaian tersebut belum mewakili adanya
penilaian sejati pada diri siswa atau penilaian autentik, hal tersebut
melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini meliputi perencanaan penilaian
autentik, pelaksanaan penilaian autentik serta faktor pendukung dan penghambat
penilaian autentik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan,
pelaksanaan, serta factor pendukung dan penghambat penilaian autentik
kurikulum 2013.
Penelitian ini termasuk penelitian dengan pendekatan kualitatif dan jenis
evaluatif, dengan teknik pengumpulan data melalui teknik wawancara,
pengamatan dan dokumentasi. Analilsis data yang digunakan adalah model Miles
and huberman, yaitu (1) reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) penarikan
kesimpulan atau verifikasi. Setelah data disajikan kemudian dilanjutkan evaluasi
terhadap data yang diperoleh dengan dasar pada kajian teori, kriteria penilaian
autentik, kriteria evaluasi dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan atau
verifikasi
Hasil penelitian didapat bahwa perencanaan pelaksanaan penilaian
autentik kurikulum 2013 belum sepenuhnya terencana secara maksimal, yakni
belum adanya pelatihan secara khusus dalam membuat instrument penilaian
seperti rubric dan lembar kerja, pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 di
MIN Tempel belum sepenuhnya menggunakan instrument yang sesuai prosedur
penilaian autentik. Faktor pendukung pelaksanaan penilaian autentik kurikulum
2013 adalah Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Islam, mengenai madrasah
yang tetap melanjutkan pelaksanaan kurikulum 2013, sedangkan faktor
penghambatnya adalah kekurangpemahaman guru tentang proses