Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
ASNAH, S.PD., NIM: 1320431015
Subject
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Datestamp
2015-10-21 01:14:47
Abstract :
Kata kunci : Nilai-nilai moral, anak usia dini
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai moral apa saja yang
ditanamkan pada anak usia dini di RA DWP UIN Sunan Kalijaga, mengetahui
bagaimana metode penanaman nilai-nilai moral anak usia dini di RA DWP UIN
Sunan Kalijaga, mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam
menanamkan nilai-nilai moral anak usia dini di RA DWP UIN Sunan Kalijaga.
Metode ini menggunakan metodelogi penelitian kualitatif dengan metode
deskriptif analitis, dengan mengambil latar di RA DWP UIN Sunan Kalijaga
Yogyakarta, pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi,
wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna
terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah diambil
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan: (a) nilai moral yang ditanamkan di RA
DWP UIN Sunan Kalijaga yaitu nilai moral rasa hormat, nilai moral tanggung
jawab, nilai moral sopan santun, nilai kejujuran, nilai moral toleransi, nilai moral
tolong menolong, nilai moral kedisiplinan, dan nilai moral kerja keras. (b) metode
yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai moral di RA DWP UIN Sunan
Kalijaga adalah: Nilai moral rasa hormat dengan metode keteladanan, metode
bercerita, metode pembiasaan, metode bercakap-cakap, metode penugasan,
metode tanya jawab, metode demonstrasi. Nilai moral tanggung jawab dengan
metode bermain, metode penugasan, metode demonstrasi, metode pembiasaan.
Nilai moral kesopanan dengan metode bercerita, metode keteladanan, metode
pembiasaan, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode penugasan,
metode bernyanyi. Nilai moral kejujuran denga metode cerita, metode
pembiasaan, metode tanya jawab, metode bercakap-cakap, metode bermain. Nilai
moral toleransi dengan metode cerita, metode keteladanan, metode pembiasaan,
metode bercakap-cakap, metode demonstrasi. Nilai moral tolong menolong
dengan metode cerita, metode tanya jawab, metode demonstrasi. Nilai moral
kedisiplinan dengan metode cerita, metode bercakap-cakap, metode tanya jawab,
metode keteladanan, metode penugasan metode pembiasaan. Nilai moral kerja
keras dengan metode cerita, metode penugasan. (c) faktor pendukung dan
penghambat dalam menanamkan nilai-nilai moral anak diantaranya: faktor
pendukung terdiri dari lingkungan sekolah, buku-buku cerita, guru, dan temanteman.
Faktor penghambat terdiri dari tidak ada kerja sama antara orang tua
dengan guru dan lingkungan sekitar, lingkungan masyarakat, lingkungan keluarga
media sosial dan kecanggihan teknologi.