Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
NURUL ISRA SAFWAN, NIM. 03410029
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2015-11-06 08:13:53
Abstract :
Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Buku
"Hikajat Prang Sabi Mendjiwai Perang Atjeh Lawan Belanda" Karya Teungku
Tjhik Pante Kulu. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga,
2007.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis secara
kritis tentang nilai-nilai pendidikan Akhlak dalam Kisah Sa'id Salmy Hikajat
Prang Sabi Karya Teungku Tjhik Pante Kulu dan urgensinya dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAl). Hasil penelitian ini diharapkan dapat
mcmberikan kontribusi dalam pengcmbangan pendidikan Agama Islam khususnya
bidang akhlak dalam bentuk sastra hikayat dan dapat dijadikan sebagai sumber
altematif bagi pendidik untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan akhlak kepada
peserta didik.
Penelitian ini rncrupakan penelitian kepustakaan (library researh).
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kritik
pragrnatik (pragmatis criticism). Pengumpulan data dilakukan dengan cara
dokumentasi dengan menggunakan data primer teks dari Hikajat Prang Sabi karya
Teungku Tjhik Pante Kulu yang diambil dari buku Hikajal Prang Sabi Mendjiwai
Perang Atjeh Lawan Belanda, yang disusun oleh A Hasjmy dan diterbitkan oleh
Pustaka Faraby Banda Aceh, 31 Maret 1971. AnaJisis data dilakukan dengan
memberikan perhatian pada isi pesan (analisys content) yang terdapat dalan1
Kisah Sa'id Salmy Hikajat Prang Sabi.
Hasil penelitian menunjukkan: ( 1) Nilai-nilai pendidikan akhlak yang
tcrdapat dalam Kisah Sa'id Salmy Hikajat Prang Sabi meliputi, pertama, akhlak
tcrhadap diri sendiri, yaitu penerimaan diri tcrhadap kckurangan dan kelebihan
yang dimiliki serta keyakinan diri akan potensi yang dimiliki untuk berbuat lebih
baik. Kedua, akhlak terhadap Allah swt yang meliputi taqwa, ikhlas, khauf(takut),
raja ' (harap), tawakkal dan taubah. Ketiga, akhlak terhadap Rasulullah saw yaitu
kewajiban untuk menaati dan mematuhi scgala perintahnya, dan keempat, akhlak
terhadap sesama manusia yang meliputi sabar, santun, lemah lembut, murah hati
(dermawan), berani, pemaaf dan termasuk di dalamnya adab bertamu dan
menerima tamu. (2) Adapun mengenai urgensi nilai-nilai pendidikan akhlak
dalam Kisah Sa' id Salmy Hikajat Prang Sabi dalam Pembelajaran P AI bahwa
nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalan1 Kisah Sa'id Salmy Hikajat
Prang Sabi sangat ideal untuk digunakan dalam pembelajaran PAl, termasuk
didalamnya tujuan, pendidik, materi, mctode dan strategi pendidikan Agama
Islam. Hal ini dikarenakan penekanan terpenting dari ajaran Islam pada dasamya
adalah hubungan antar scsan1a manusia yang sarat dengan nilai-nilai yang
berkaitan dengan akhlak mulia. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan agama
Islam secara umum yang harus mengacu pada penanaman nilai-nilai akhlak mulia
yang akan membuahkan kebaikan di dunia dan di akhirat.