Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
RIZAL FAIZ MOHAMMAD, NIM. 03410195
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2015-11-16 07:02:00
Abstract :
Rizal Faiz M. NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM P ADA KISAH
NABI KHIQIR DAN NABI MUSA A.S. DALAM Q.S. AL-KAHFI: 60-82.
Skripsi. Yogyakarta : PAL Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga. 2007.
Penelitian ini menjelaskan nilai-nilai Pendidikan Islam yang teriapat pada
kisah perjalanan nabi Musa a.s yang ingin menuntut ilmu ker.ada seorang hamba
Allah yang lebih saleh dari pada nabi Miisa a.s. Banyak riwayat dari Jumhiir
Mufassirln yang menyebutkan orang tersebut adalah nabi Khi4ir. Mengenai sosok
nabi Khidir sebagai seorang yang aneh tidak secara jelas diberita.kan dalnm alQuran.
Nilai-nilai pendidikan Islam yang dimaksud di sini adala.h: (l) Pendtdikan
akhJak dan (2) Pendidikan hikrnah, yang kemudian diuraikan mengerai
aplikasinya terhadap Pendidikan Agama Islam.
Dalam penelitian ini dijelaskan bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam yang
terkandung dalam kisah nabi Musa a.s rnencari ilmu dengan Khidhir dalam Q.S.
Al-Kahfi : 60-82, rnerupakan bentuk dari pernbelajaran kehidupan yang rdcvan
untuk konteks sekarang mengingat banyak pola-pola pendidikan yang salah arah
dan misleading, yang hal itu harus segera ditangani secara Serius. Selanjutnya,
dijelaskan mengenai bentuk-bentuk aplikasinya dalam Pendidtkan Agama Islam
agar lebih mudah diterapkan dalam prinsip-prinsip Pendidikan Agama Islam yang
berorientasi pada terciptanya sebuah kehidupan yang lebih taik. Penditian ini
merupakan library research: pengumpuJan data dilak.ukan melalui metode
dokumentasi, yang digali dari kitab-kitab tafsir, buku-buku, majalah, dokumen,
catatan kisah-kisah dan sejarah, analisis datanya dilakukan .iengan menggunaan
analisis henneneutis, serta menggunakan prinsip logika alxkktif. Untuk
menganalisis data penelitian ini, penulis menggunakan pendcka1 en filn sofishenneneutis,
sebagai bentuk asas hermeneutikanya menggunakan teeori ta'w11. hal
ini dikarenakan kisah tersebut lebih banyak berkaitan dengan pcmaknaan suatu
teks atau analog-teks terhadap bentuk simbol atau makna alegori dan
metaforisnya, selanjutnya diteruskan untuk menclapatkan simpulan akhir.
Basil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kisah ter~..c but membuat banyak
hal yang mempunyai· relevansi dengan pendidikan khususnya pendidikan islam,
diantaranya adalah pendidikan akhlak dan hikrnah. yang menarik adalah
pemahaman yang mendalam mengenai sosok pengajaran nabi Khiqir kepada.
muridnya, nabi Musa as. yang penuh dengan pengajaran yang kontroversial yang
terkesan aneh, yang nmngkin dalam pemahamman awam dan zahir dianggap
menyimpang, namun di balik itu kaya akan pendidikan akhlak dan pendidikan.
hikmahnya. Dari sana dapat disimpulkan bahwa kisah tersebut. banyak.
mengandung pelajaran yang sangat berarti dalam kehidupan, seperti cara mencari
ilmu, muamalah akhlak kepada Allah, rasulnya, guru, sesama manusia
masyarakat, dan lingktmgan sekitar. Selain itu, kisah tcrsebut juga mengandung
gambaran tentang bagaimana manusia dapat menggapai tiug.katan yang tinggi
dalam kehidupan ini dengan selalu mendekatkan diri kepada Allah swt., yang
akhimya mendapatkan suatu cahaya pcncerahan yang dapat mengctahui segala
peristiwa di balik suatu kenyataan yang tetjadi, lebih-lebih berupa karunia ilham
dari Allah swt.