Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
ZUKHRUFATUL AZIZAH, NIM. 10680054
Subject
Pendidikan Biologi
Datestamp
2015-12-15 01:48:04
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian
aspek psikomotor pada praktikum biologi materi Archaebacteria dan Eubacteria
untuk siswa SMA/MA kelas X dan mengetahui kualitasnya sebagai alat
penilaian. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan
menggunakan 3 tahap awal dari model pengembangan 4-D yaitu Define, Design
dan Development. Instrumen penilaian produk dan respon siswa berupa lembar
angket yang terdiri 7 komponen yaitu kelayakan materi/isi, penyajian materi/isi,
bahasa, grafika, objektifitas, substansi dan keterlaksanaan. Produk dinilai dan
dilakukan validasi desain oleh ahli materi, ahli media dan ahli evaluasi serta
dinilai oleh 5 peer reviewer. Uji keterbacaan produk dilakukan oleh 3 guru
biologi dan 15 siswa MAN Kandangan. Data kualitatif yang diperoleh dari hasil
penilaian dikonversi menjadi skor kuantitatif. Kualitas produk menurut penilaian
reviewer dan peer reviewer berkategori sangat baik. Kualitas produk menurut
guru biologi dan siswa berkategori sangat baik dengan persentase keidealan
83,60% dan 81,90%. Dengan demikian Instrumen Penilaian Aspek Psikomotor
layak dan dapat digunakan sebagai salah satu alat penilaian dalam kegiatan
praktikum biologi untuk siswa SMA/MA kelas X.
Kata kunci: instrumen penilaian, praktikum, aspek psikomotor, Archaebacteria dan Eubacteria.