Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
SRI HIDAYATI, NIM. 11730145
Subject
Ilmu Komunikasi
Datestamp
2015-12-18 08:08:06
Abstract :
PT Petrokimia Gresik merupakan salah satu anak perusahaan Badan Usaha
Milik Negara (BUMN) yang berada dibawah naungan PT Pupuk Indonesia
Holding Commpany (PIHC). Sebagai perusahaan pupuk terbesar dan terlengkap di
Indonesia, PT Petrokimia Gresik dipercaya oleh pemerintah untuk memasok 50%
kebutuhan pupuk subsidi nasional, dengan begitu PT Petrokimia Gresik dituntut
untuk dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, melalui
swasembada pangan dan pengembangan usaha berbasis pertanian (sahabat tani)
diseluruh pelosok Indonesia. Dalam kondisi ini, peran media massa menjadi
sangat penting untuk membantu mengkomunikasikan setiap informasi kepada
seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan kerjasama yang baik
antara humas Petrokimia Gresik dan media massa sehingga proses penyampaian
informasi kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik dan optimal. Namun di
sisi lain, PT Petrokimia Gresik lebih sering diberitakan negatif oleh media massa,
sehingga publisitasnya semakin hari semakin meredup, maka dibuatlah strategi
untuk meminimalisir pemberitaan negatif tersebut dan menaikan publisitasnya.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi media
relations PT Petrokimia Gresik untuk meningkatkan publisitas dimedia massa.
Menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, data diperoleh melalui
pengumpulan data primer maupun sekunder. Data primer diperoleh melalui
observasi, dan wawancara pada bagian humas petrokimia gresik sedangkan data
skunder diperoleh melalui pengkajian buku-buku penunjang penelitian, internet
dan bahan-bahan lain sesuai dengan kajian penelitian.
Untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka humas Petrokimia Gresik
menerapkan 6 strategi media relations yaitu by serving the media, by establishing
a reputation for reliability, by supplying good copy, by coorperations in providing
material, by providing verifivation facilities, dan by building personal
relationship with the media. Dengan strategi tersebut jumlah publisitas positif
mengalami peningkatan bertahap setiap tahunnya. Pada tahun 2011 publisitas
berjumlah 153, tahun 2012 berjumlah 205, tahun 2013 berjumlah 217, dan tahun
2014 berjumlah 256.