Abstract :
NURCHOLIS. Hubungan Nilai Dasar Kecerdasan Emosional dan Spiritual
aspek kejujuran terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa SMKN I Nglipar Tahun
Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015.
Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya kenakalan remaja yang
terjadi di kalangan sebagian anak-anak sekolah, yakni di SMKN 1 Nglipar yang
terjadi di lingkungan sekolahan. Diantaranya mencontek saat ujian, saat ulangan
harian, keluar pada saat jam pelajaran, membohongi guru piket untuk izin
meninggalkan kelas. Sehingga bisa menurunkan prestasi belajar siswa. Dan siswa
akan senantiasa menggunakan cara-cara tidak jujur untuk mendapatkan nilai yang
bagus. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui nilai dasar kecerdasan
emosional dan spiritual aspek kejujuran siswa kelas X SMKN 1 Nglipar tahun
pelajaran 2014/2015. 2) Mengetahui prestasi belajar PAI siswa kelas X SMKN 1
Nglipar tahun pelajaran 2014/2015. 3) Mengungkap ada tidaknya hubungan antara
nilai dasar kecerdasan emosional dan spiriual aspek kejujuran dengan prestasi
belajar Siswa SMKN 1 Nglipar tahun pelajaran 2014/2015.
Populasi penelitian ini adalah siswa muslim kelas X di SMKN I Nglipar
sebanyak 220 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Instrumen
yang digunakan akan melalui uji analisis instrumen meliputi: analisis validitas,
reliabilitas, normalitas, linieritas. Kemudian uji analisis data menggunakan tehnik
korelasi Product Moment.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kecerdasan emosional dan spiritual
aspek kejujuran di kelas X SMKN 1 Nglipar di kategorikan cukup baik. Karena
dapat dilihat dari jumlah meannya adalah 85,96. 2) Prestasi belajar PAI di kelas X
SMKN 1 Nglipar di kategorikan cukup baik. Karena dapat dilihat dari jumlah
meannya adalah 81,76. 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan (rxy=
0,471, p = 0,00. p<0,01) level (two-tailed) antara nilai dasar kecerdasan emosional
dan spiritual aspek kejujuran terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas X SMKN I
Nglipar tahun pelajaran 2014/2015. Keragaman Prestasi belajar PAI dapat
dijelaskan oleh perubahan dalam variabel kecerdasan emosional dan spiritual
aspek kejujuran sebesar 22,2%. Sedangkan 77.8% sisanya dijelaskan oleh faktor
lain di luar model.