Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
APRILIA TRI SUGIARTI, NIM. 11410061
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2016-03-11 06:32:08
Abstract :
APRILIA TRI SUGIARTI. Penerapan Penilaian Autentik dalam
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMA 3 Yogyakarta. Skripsi.
Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan
Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015.
Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya proses penilaian sebagai
proses untuk mengetahui kemampuan dan perkembangan belajar peserta didik.
Dengan diterapkannya kurikulum 2013 proses penilaian yang dilakukan sifatnya
menyeluruh meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian
tersebut dikenal dengan penilaian autentik. Oleh karena itu ingin diketahui
bagaimana penerapan penilaian autentik di SMAN 3 Yogyakarta. Yang
menjadikan permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan penilaian
autentik dalam pembelajaran PAI dan apakah penerapan penilaian autentik dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA
Negeri 3 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan
observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Proses pengumpulan data
yaitu dengan mengumpulkan data dari dokumentasi RPP, kemudian melakukan
observasi pembelajaran dan yang terakhir melakukan wawancara sebagai bentuk
konfirmasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan
trianggulasi metode. Trianggulasi dilakukan dengan membandingkan hasil
penelitian dengan menggunakan metode yang berbeda-beda pada sumber data
yang sama. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data
yang berhasil dikumpulkan. Analisis data diawali dengan mereduksi data-data
yang telah dikumpulkan kemudian menyajikan data yang berupa analisis tentang
hasil penelitian dan menyimpulkannya berupa hasil tentang penerapan penilaian
autentik dalam pembelajaran PAI.
Hasil penelitian menunjukkan, 1) Penilaian autentik dalam pembelajaran PAI
dilakukan dengan berbagai cara yaitu, (a) aspek pengetahuan diterapkan melalui
tes tulis, tes lisan, dan tugas, (b) aspek sikap diterapkan melalui penilaian diri,
observasi dan jurnal, (c) aspek keterampilan diterapkan melalui penilaian praktik
dan proyek. 2) Hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik sebagian besar sudah
mencapai batas KKM yaitu 75. Hasil yang diperoleh dari penerapan penilaian
autentik dalam pembelajaran PAI adalah pada aspek pengetahuan peserta didik
menjadi lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Pada aspek sikap perilaku
peserta didik terkontrol dengan baik kearah yang positif dan pada aspek
keterampilan, kemampuan peserta didik menjadi meningkat karena proses
penilaian yang autentik. Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan
bahwa penerapan penilaian autentik dalam Pembelajaran PAI dapat meningkatkan
hasil belajar PAI.