Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
RAHMA MEI WIDARTI, NIM. 11670037
Subject
Pendidikan Kimia
Datestamp
2016-04-15 02:52:51
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan nilai ulangan dengan
nilai remedial pelajaran kimia siswa kelas X semester II di SMA N2
Banguntapan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian
ini adalah semua peserta didik kelas X yang tidak mencapai nilai KKM yaitu 75
SMA N 2 Banguntapan. Sampel pada penelitian ini adalah semua peserta didik
yang tidak mencapi nilai KKM saat ulangan harian(pada penelitian ini materi
ulangan harian adalah hukum-hukum dasar kimia). Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan tes tertulis dan dokumentasi. Data yang diperoleh diuji dengan
menggunakan uji analisis regresisederhana..
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapathubungan antara nilai
ulangan dengan nilai remedial siswa kelas X semester II SMA N 2 Banguntapan.
Walaupun siswa dites dengan dua soal yang berbeda, yaitu dari pendidik dan
peneliti. Hubungan bernilai positif dan searah. Hasil perhitungan yang diperoleh
dari soal ulangan pendidik, nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,989 dan
koefisien determinasi sebesar 0,978. Persamaan regresi yang terbentuk adalah Y=
35,891 + 0,875X, dan hasil soal dari peneltinilai koefisien korelasi (R) sebesar
0,601 dan koefisien determinasi sebesar 0,362. Persamaan regresi yang terbentuk
adalah Y= 52,407 + 0,504X. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwasannya
penambahan jam pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik SMA N 2
Banguntapan dapat meningkatkan pemahaman peserta didik.