Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
MUHAMMAD ZENI ROCHMATULLAH ILYAS, NIM. 12410008
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2016-04-19 04:22:10
Abstract :
Muhammad Zeni Rochmatullah Ilyas. Internalisasi Nilai-Nilai Anti
Korupsi Melalui Pembelajaran PAI Dan Budi Pekerti Peserta Didik Kelas VIII Di
SMP Negeri 5 Kota Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan
Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri
Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016.
Latar belakang penelitian ini adalah betapa parahnya korupsi di Indonesia.
Pelaku ini tidak hanya berjangkit dikalangan pejabat eksekutif, tetapi juga
merambah dikalangan legislatif dan yudikatif dari pusat sampai ke daerah. Ibarat
penyakit, praktik korupsi merupakan penyakit yang sudah terlampau akut
menggerogoti tubuh negara Indonesia. Menyadari kondisi tersebut, perlu adanya
solusi konkret dan berkelanjutan. Dalam hal ini, SMP Negeri 5 Kota Yogyakarta
menjadi sarana untuk memberikan penanaman nilai-nilai anti korupsi kepada
seluruh peserta didik melalui pembelajaran PAI dan budi pekerti. Sebagai sekolah
berbasis budaya, hal tersebut telah terimplementasikan di SMP Negeri 5 Kota
Yogyakarta, yang menanamkan nilai-nilai anti korupsi. Oleh karena itu, tujuan
dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pokok masalah tentang : 1)
pola internalisasi nilai-nilai anti korupsi melalui pembelajaran PAI dan budi pekerti
di SMP Negeri 5 Kota Yogyakarta, 2) langkah-langkah yang dilakukan SMP Negeri
5 Kota Yogyakarta dalam menginternalisasikan nilai-nilai anti korupsi, serta 3)
hasil dari internalisasi nilai-nilai anti korupsi di SMP Negeri 5 Kota Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan lokasi penelitian
di SMP Negeri 5 Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan
psikologi pendidikan. Pendekatan ini dipilih karena berbicara mengenai tingkah
laku dan pengalaman seseorang yang berkaitan dalam proses pendidikan.
Pengumpulan data dengan mengadakan observasi atau pengamatan partisipatif,
wawancara mendalam dan dokumentasi yang sama secara serempak. Analisis data
dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah
dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data
dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) pola internalisasi nilainilai
anti korupsi melalui pembelajaran PAI dan budi pekerti di SMP Negeri 5 Kota
Yogyakarta adalah pola membangun budaya anti korupsi, 2) Internalisasi nilai-nilai
anti korupsi melalui pembelajaran PAI dan budi pekerti di SMP Negeri 5 Kota
Yogyakarta dilakukan dengan cara : transformasi nilai, transaksi nilai, dan
transinternalisasi nilai, 3) Hasil dari internalisasi nilai-nilai anti korupsi melalui
pembelajaran PAI dan budi pekerti di SMP Negeri 5 Kota Yogyakarta secara
kognitif, afektif, dan psikomotor menunjukkan adanya perilaku peserta didik yang
sudah sejalan dengan nilai-nilai anti korupsi. Semua ini tentunya dapat dicapai
karena internalisasi secara bertahap dan rutin terus dilakukan sehingga nilai-nilai
tersebut menjadi suatu kepribadian, karakter, dan identitas peserta didik.