Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
KHUSNUL KHOTIMAH, NIM. 12410203
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2016-04-20 00:56:10
Abstract :
KHUSNUL KHOTIMAH. 12410203. Hubungan Pengamalan Nilai-nilai Agama Islam dengan Prestasi
Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa SMA Negeri 5 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta:
Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga
Yogyakarta. 2016.
Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya nilai- nilai Agama Islam mendasari
seluruh aktifitas manusia. Siswa dengan tingkat pengamalan nilai-nilai Agama Islam yang tinggi
juga mempunyai prestasi belajar mata pelajaran matematika yang tinggi. Namun dalam kenyataannya,
pengamalan nilai-nilai Agama Islam kurang diberikan akses dan tingkatannya berada
dibawah mapel lain. Siswa dan guru kurang menyadari adanya integrasi antara pengamalan
nilai-nilai Agama Islam dan prestasi belajar mata pelajaran matematika. Oleh karena itu
penelitian tentang hubungan pengamalan nilai-nilai Agama Islam dengan prestasi belajar mata
pelajaran matematika perlu dilakukan. Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan
tingkat pengamalan nilai- nilai Agama Islam siswa, untuk mendeskripsikan tingkat
prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa, dan untuk menguji secara empiris hubungan
antara pengamalan nilai-nilai Agama Islam dengan prestasi belajar mata pelajaran matematika
pada siswa SMA Negeri 5 Yogyakarta
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi siswa kelas XI SMA
Negeri 5 Yogyakarta. Dengan teknik proportional cluster random sampling diambil 75 siswa
dengan sistem undian. Pengumpulan data menggunakan teknik angket, dokumentasi, dan
observasi. Analisis instrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas menujukkan
27 dari 30 item pertanyaan yang diujicobakan kepada 28 siswa terbukti valid. Uji
reliabilitas menunjukkan reliabel dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,915. Analisis
yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi produk momen person.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) tingkat pengamalan nilai-nilai Agama Islam siswa SMA Negeri 5
Yogyakarta secara umum sedang. (2) Tingkat prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa SMA
Negeri 5 Yogyakarta keseluruhan tinggi. (3) Tidak ada hubungan positif antara pengamalan
nilai-nilai Agama Islam dengan prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa SMA
Negeri 5 Yogyakarta. rxy= -(0,053) < rtabel dengan N=75.