Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
UMI KHOLIPAH, NIM. 11220110
Subject
Bimbingan dan Konseling Islam
Datestamp
2016-04-26 07:03:26
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru pembimbing dalam
menanamkan nilai-nilai agama Islam pada anak TK Nurul Ummah Kotagede
Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan metode
kualitatif. Subjek penelitian adalah guru pembimbing, otang tua dan anak kelas B
I, objek peran guru pembimbing dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam pada
anak TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta.
Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisis data dengan deskriptif kualitatif data yang telah terkumpul
disusun dan diklarifikasikan sehingga menggambarkan jawaban dari rumusan
masalah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru pembimbing di TK Nurul
Ummah, Guru pembimbing sebagai pemberi informasi, guru pembimbing sebagai
organisator, pembimbing sebagai motivator, pembimbing sebagai pengarah,
penggagas, penyedia/pemberian kemudahan, dan pembimbing sebagai evaluator
dapat menanamkan nilai-nilai agama Islam pada anak TK.