DETAIL DOCUMENT
PERAN GURU PEMBIMBING DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA ANAK TK NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA
Total View This Week18
Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
UMI KHOLIPAH, NIM. 11220110
Subject
Bimbingan dan Konseling Islam  
Datestamp
2016-04-26 07:03:26 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru pembimbing dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam pada anak TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan metode kualitatif. Subjek penelitian adalah guru pembimbing, otang tua dan anak kelas B I, objek peran guru pembimbing dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam pada anak TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan deskriptif kualitatif data yang telah terkumpul disusun dan diklarifikasikan sehingga menggambarkan jawaban dari rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru pembimbing di TK Nurul Ummah, Guru pembimbing sebagai pemberi informasi, guru pembimbing sebagai organisator, pembimbing sebagai motivator, pembimbing sebagai pengarah, penggagas, penyedia/pemberian kemudahan, dan pembimbing sebagai evaluator dapat menanamkan nilai-nilai agama Islam pada anak TK. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga