Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
RIA CAHYAWATI, NIM. 12420117
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2016-06-01 01:11:07
Abstract :
RIA CAHYAWATI. Analisis Manajemen Waktu Belajar dan Prestasi
Akademik Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Angkatan 2012 yang Bekerja di Luar Jam Perkuliahan. Skripsi, Yogyakarta :
Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN
Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016.
Idealnya seorang mahasiswa adalah fokus untuk belajar, apalagi di Jurusan
Pendidikan Bahasa Arab yang nantinya dituntut untuk menjadi pendidik bahasa
Arab yang profesional, untuk menjadi pendidik yang profesional tentu dibutuhkan
kefokusan dan keseriusan belajar untuk mencapainya, kenyataannya terdapat
beberapa mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab yang sudah bekerja pada
masa studi. Tentunya setelah bekerja, tugas dan tanggung jawab mereka akan
semakin bertambah seiring status gandanya sebagai mahasiswa dan pekerja.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subyek penelitian
mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan
Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta angkatan 2012. Data yang
dikumpulkan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi metode dan triangulasi
sumber. Analisis data secara interaktif melalui 4 alur yaitu pengumpulan data,
reduksi data, display data, menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Latar belakang mahasiswa
pekerja yang bekerja diluar jam perkuliahan yaitu karena faktor ekonomi dan
faktor mencari pengalaman (2) Perkembangan keaktifan dalam mengikuti
perkuliahan setelah bekerja adalah semakin aktif, menurun dan sama-sama aktif.
(3) Manajemen belajar responden dalam studinya adalah ada yang mendapat
dukungan dari pihak keluarga, pimpinan/rekan kerja, teman mahasiswa terhadap
status gandanya sehingga termotivasi untuk belajar, ada juga yang tidak mendapat
dukungan dari salah satu pihak sehingga terkadang memprioritaskan urusan
kerjanya. Ada pula yang benar-benar memprioritaskan kuliahnya. Akan tetapi
dalam belajarnya responden tetap memanfaatkan waktu luang mereka untuk
belajar, menguasai materi sebelum perkuliahan berlangsung, menyempatkan diri
untuk membaca materi setiap hari, selain itu responden juga menyempatkan diri
untuk mengunjungi perpustakaan, kategori buku yang responden baca adalah
buku yang basiknya Arab. (4) Perkembangan prestasi akademik yang diraih
responden tidak menurun secara signifikan dan masuk dalam predikat sangat
memuaskan dan dengan pujian.
Kata kunci : mahasiswa, manajemen waktu belajar, prestasi akademik