Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
EKO KURNIAWAN , SPDI, NIM. 1420410065
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2016-04-27 05:59:27
Abstract :
Eko Kurniawan, Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Pada Anak Usia
Dini Di TK Harapan Bangsa Yogyakarta. Tesis: Jurusan Pendidikan Agama Islam
Program Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga, 2015..
Penelitian ini dilatarbelakngi: Maraknya remaja bahkan anak-anak yang
melakukan tindakan-tindakan negatif yang tidak menguntungkan atau
merugikan diri sendiri maupun orang lain, seperti munculnya sikap-sikap
membangkang tehadap orang yang lebih tua maupun teman sebaya yang
akhirnya akan berujung pada kenakalan remaja. Untuk memberikan
bimbingan serta mengembalikan kepada fitrahnya supaya menjadi pribadi
yang memiliki nilai moral yang baik. Maka jalan yang harus ditempuh adalah
memberikan bekal keagamaan yang cukup sejak dini. Internalisasi nilai-nilai
Agama Islam harus dihadirkan dalam wilayah ini, karena dengan
menginternalisasikan nilai-nilai Agama Islam mampu memberikan bekal
moral kepada seseorang. Gagasan dalam penelitian ini adalah bagaimana
Pendidikan Agama Islam Di TK Harapan Bangsa Yogyakarta bisa membekali
nilai keagamaan pada anak usia dini. TK Harapan Bangsa Yogyakarta
merupakan lembaga pendidikan anak usia dini yang menerapkan sistem
pendidikan full day school yang menurut peneliti sangat menarik untuk
diteliti. Untuk mengetahui sejauh mana pendidikan Agama Islam yang di
ajarkan di TK Harapan Bangsa Yogyakarta.Tujuan penelitian ini untuk
mengungkap secara teoritis dan praktis. Pendidikan Agama Islam yang di
lakukan TK Harapan Bangsa Yogyakarta mampu membekali nilai-nilai
keagamaan pada anak usia dini dan penelitian ini mampu memberikan
wahana dan masukan bagi perkembangan dan konsep internalisasi nilai-nilai
Pendidikan Agama Islam pada anak usia dini.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research dengan
pendekatan teori perkembangan moral yang digagas oleh Lawrence Kholberg.
Penulis meneliti aspek nilai-nilai Agama Islam yang di internalisasikan,
Proses interalisasi, hasil internalisasi, dan faktor pendukung dan penghambat
dalam internalisasi nilai-nilai Agama Islam di TK Harapan Bangsa
Yogyakarta. dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Teknik yang
digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara,
dokumentasi, dan triangulasi data. Adapun analisis data secara komprehensif
dilakukan sejak awal penelitian dan selama proses penelitian dilaksanakan
sampai pada akhir penelitian yaitu kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkkan bahwa : pertama, Nilai-nilai Agama Isla
yang diinternalisasikan pada anak usia dini Di TK Harapan Bangsa
Yogyakarta meliputi nilai keimanan, nilai ibadah, dan nilai akhlak. Nilai
keimana meliputi rukun iman yakni iman kepada Allah, iman kepada kitab
Allah, iman kepada malaikat, iman kepada rosul Allah, iman kepda hari
kiamat dan iman kepada qodho‟ dan qadar. Nilai ibadah meliputi, Tata cara
shalat, shalat wajib dan shalat sunnah yakni shalat dhuha, tata cara wudhu
dan do‟a sehari-hari. Sedangkan nilai akhlak meliputi akhlak kepada Allah,
kepada orang yang lebih tua dan kepada sesama dan lingkungan. Kedua,
viii
proses internalisasi nilai-nilai Agama Islam dilakukan dalam proses
pembelajaran. baik pembelajaran didalam kelas maupun diluar kelas. Dan
metode yang dipakai meliputi metode bernyanyi, cerita, tanya jawab,
keteladanan, tadabur alam, dan pembiasaan. Ketiga, hasil dari internalisasi
nilai-nilai Agama Islam di TK Harapan Bangsa Yogyakarta sudah bagus.
karena anak didik sudah bisa mengamalkan apa yang didapat di sekolah
ketika berada luar sekolah seperti di dalam keluarga. Keempat, faktor
pendukung dan penghambat dalam internalisasi nilai-nilai Agama Islam di
TK Harapan Bnagsa Yogyakarta. Faktor pendukung dalam internalisai nilai
Agama Islam meliputi sarana prasarana, guru dan peran aktif orang tua.
Sedangkan faktor penghambatnya yakni, kurangnya alat penunjang untuk
mengajarkan Agama Islam, guru yang mengajar bukan dari guru PAI, dan
lingkungan yang jauh dari tempat ibadah.