Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
RUDINI, SPDI, NIM. 1420410085
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2016-04-27 06:02:47
Abstract :
Rudini, 1420410085, Aktualisasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembentukan
Karakter Mahasiswa Di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kota Gede
Yogyakarta.
Dalam Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 disebutkan
bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan
membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka
mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta
didik agar menjadi bangsa yang beriman, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi
warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Sebuah pendidikan yang
berlandasan keislaman menjadi wahana untuk mengembangkan pikiran, menata
kepribadian, menumbuh kembangkan spiritualitas dan emosional. Dalam
mencapai hal tersebut membutuhkan kelengkapan dalam setiap komponen
pendidikan salah satunya adalah kepengurusan. Oleh karena itu, peneliti melihat
bahwa kepengurusan yang terjadi di pondok pesantren Nurul Ummah sangat
sedikit, sedangkan kegiatan kependidikan di pondok pesantren tersebut sangat
banyak. Melihat banyaknya santri yang berstatus pelajar dan santri yang berstatus
mahasiswa di pondok pesantren tersebut membutuhkan banyak orang yang terlibat
dalam kepengurusan agar setiap kegiatan di pondok tersebut dapat berjalan
dengan baik, terlebih berkenaan dengan pembentukan pribadi peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara kritis tentang
Pembentukan Karakter Mahasiswa di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kota Gede
Yogyakarta dan dalam rangka mencari jawaban permasalahan tentang: (1)
Bagaimana proses pengaktualisasian nilai-nilai Islam dalam pembentukan
karakter mahasiswa di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kota Gede Yogyakarta.
(2) Bagaimana efektifitas pembentukan karakter mahasiswa di pondok pesantren
Nurul Ummah Kota Gede Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan
menggunakan pendekatan kualitatif, dengan objek penelitian di pondok pesantren
Nurul Ummah Kota Gede Yogyakarta. Pendekatan dalam penelitian ini
menggunakan pendekatan sosio-antropologis. Melalui pendekatan ini, peneliti
ingi meliihat lebih dekat berkenaan dengan hubungan para mahasiswa yang
belajar di pondok pesantren Nurul Ummah dengan para ustadz-ustadz serta
dampak psikologis para mahasiswa tersebut dalam menjalani rutinitas dalam
keseharian di pondok pesantren Nurul Ummah. Pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Seluruh
data yang diperoleh dari lapangan melalui hasil wawancara, observasi dan
dokumentasi akan di analisis guna memperoleh data yang dibutuhkan, selanjutnya
setelah diadakan analisis data maka langkah selanjutnya adalah menyajikan datadata
tersebut, kemudian dari data-data tersebut diambil suatu kesimpulan dengan
cara membandingkan, menghubungkan dan memilih data yang menjadi jawaban
permasalahan. Untuk menguji keabsahan data, guna mengukur validitas hasil
penelitian ini dilakukan dengan tehnik triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembentukan karakter
mahasiswa di pondok pesantren Nurul Ummah Yogyakarta terlihat dalam proses
viii
perencanaan dan pelaksanaannya. Secara pelaksanaannya, jenjang pendidikan
bagi mahasiswa di pondok pesantren Nurul Ummah trebagi menjadi tiga tingkatan
yakni awwaliyyah, wustha, dan ulya. Pengaktualisasian nilai-nilai Islam di
pondok pesantren Nurul Ummah di bagi ke dalam beberapa program yang
meliputi: program harian, program mingguan, program bulanan, dan program
tahunan. nilai-nilai Islam yang diaktualisasikan adalah nilai Illahiyah meliputi:
nilai ubbudiyah dan nilai ketauhidan. Sedangan nilai yang bersifat insaniah
meliputi: nilai kedisiplinan, nilai kesederhanaan, nilai kejujuran, nilai
musyawarah. Kemudian proses pengaktualisasiaannya diterapkan dalam kegiatan
pembelajaran dan kegiatan keseharian.Selain itu, santri (mahasiswa) juga aktif
dalam melakukan kegiatan mingguan meliputi maulid Barzanji, Dziba’I, Burdah,
sholat Tasbih, musyawarah, pengajian ahad pagi. Kegiatan bulanan meliputi
sema’an al-Qur’an, pengajian rutin malam selasa wage, bahtsul masail forum
kajian a’la. Program tahunan meliputi orientasi dan pengenalan pondok pesantren
Nurul Ummah, haul al-maghfurlah kh. Asyhari Marzuqi, kegiatan KKN santri
(mahasiswa),dan penulisan karya tulis. Berkenaan dengan penilaian keefektifan
pengaktualisasian nilai-nilai Islam terhadap pembentukan karakter mahasiswa
peneliti menggunakan tiga tehnik yakni observasi, penilaian para ustadz dan
analisis data lapangan. Pengaktualisasian nilai-nilai tersebut menunjukan bahwa
semua kegiatan tersebut sudah efektif dalam membentuk karakter mahasiswa di
pondok pesantren Nurul Ummah. Hal tersebut terlihat dari perilaku mahasiswa
yang telah sesuai dengan indikator yang ingin di capai dalam perencanaan dan
pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang ada di pondok pesantren Nurul Ummah Kota
Gede Yog