Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
NAILI FAUZIAH LUTFIANI, SPDI, NIM. 1420410156
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2016-06-01 01:17:08
Abstract :
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa idealitas ibadah haji semakin redup
seiring dengan berkembangnya asumsi masyarakat tentang anomali-anomali ibadah haji
yang melenceng dari nilai-nilai pendidikan Islam. Realita tersebut sangat timpang dengan
animo masyarakat yang tinggi untuk menunaikan ibadah haji, maka diperlukan penelitian
tentang nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam ibadah haji serta implikasinya
terhadap dimensi keagamaan jemaah haji.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang 1) nilainilai
pendidikan Islam apa saja yang terkandung dalam ibadah haji 2) implikasi nilai-nilai
pendidikan Islam dalam ibadah haji terhadap dimensi keagamaan jemaah haji angkatan
2014 KBIH Ar-Rahmah Yogyakarta. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian
lapangan (field research). Pemilihan subyek dilakukan dengan purposif sampling yaitu
jemaah haji angkatan 2014 KBIH Ar-Rahmah berinisial. Pengumpulan data dilakukan
dengan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Proses analisis data dilakukan
dengan data reduction, data display, dan conclution drawing/verification. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: 1) dalam seluruh rangkaian ritual ibadah haji mulai dari
ihram, tawaf, sa‘i, wuquf di Arafah, mabit di Muzdalifah, mabit di Mina, melontar
jumrah, tahallul , tawaf wadha‟, serta amalan-amalan non ibadah haji seperti sholat
fardhu, sholat sunah, ziarah kubur ke makam Rasulullah, makam Baqi‟, makam Ma‟la,
dan lain sebagainya yang dilakukan oleh jemaah haji angkatan 2014 KBIH Ar-Rahmah
mengandung dua nilai dasar pendidikan Islam, yaitu nilai ketauhidan (uluhiyyah,
rububiyyah, ubudiyyah) & nilai insaniyyah (akhlak/moral). Nilai ketauhidan uluhiyyah
tentang dzat ke-Esaan Allah, ketauhidan rububiyyah mencakup keyakinan akan ciptaan
Allah, dan ketauhidan ubudiyyah mencakup tentang ibadah formal. Adapun nilai akhlak
terdiri dari nilai persatuan dan kesatuan ummat, nilai persamaan derajat diantara sesama
manusia (equality), nilai kerja keras, optimisme, kesabaran, keikhlasan , dan tafakkur.
Nilai jihad (jihad terhadap nafsu lawwamah, & jihad melawan setan/kemungkaran), nilai
tawakkal (berserah diri), nilai kesucian hati (tazkiyat a-nafs), nilai khawf & raja’ (sikap
takut dan penuh harap). 2) Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung di dalam ibadah
haji berimplikasi terhadap dimensi keagamaan jemaah haji angkatan 2014 KBIH Ar-
Rahmah Yogyakarta, baik pada fase liminal dan post liminal. Implikasi tersebut
menyentuh seluruh dimensi keagamaan yang terdiri dari dimensi keyakinan, dimensi
peribadatan, dimensi konsekuensial, dimensi pengetahuan keagamaan, dimensi
pengalaman, penghayatan keagamaan, serta dimensi kesalehan sosial. Sehingga pada fase
liminal & post liminal seluruh jemaah haji telah mengalami level peningkatan rasa agama
(mystical convertion), namun setiap jemaah haji memiliki level peningkatan dimensi
keagamaan yang berbeda-beda. Ada yang secara keseluruhan dimensi mengalami
peningkatan, namun ada juga yang sangat menonjol pada satu dimensi saja, hal ini
dikarenakan perbedaan pemahaman & pandangan tentang ibadah haji, serta latar
belakang pendidikan & ekonomi yang berbeda, antar tiap-tiap jemaah haji.