Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
SITIN NURUL KHASANAH, NIM. 12490016
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2016-09-23 02:05:12
Abstract :
Secara umum latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti
terhadap kepemimpinan siswi dalam organisasi otonom Muhammadiyah yang
memiliki peran sebagai inisiator dan teladan yang baik dalam memimpin
organisasi dan penerapan nilai-nilai religiusitas. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis terkait tipe kepemimpinan ketua
umum organisasi otonom Muhammadiyah, usaha ketua umum dalam penerapan
nilai-nilai religiusitas, dan hasil tipe kepemimpinan ketua umum terhadap nilainilai
religiusitas dalam organisasi otonom Muhammadiyah periode/masa bhakti
2015/2016 di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar
organisasi otonom Muhammadiyah periode/masa bhakti 2015/2016 di Madrasah
Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan
cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
reduksi data, penyajian data dan diverifikasi setelah itu ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) kepemimpinan siswi dalam organisasi
otonom Muhammadiyah adalah bertipe maskulin dan transformasional; (2) usaha
dalam penerapan nilai-nilai religiusitas dalam organisasi adalah melalui lima
dimensi berikut, yaitu Religious Belief (the Ideological Dimension), Religious
Practice (the Ritual Dimension), Religious Feeling (the Experiential Dimension),
Religious Knowledge (the Intellectual Dimension), dan Religious Effect (the
Consequential Dimension); (3) hasil tipe kepemimpinan terhadap nilai-nilai
religiusitas dalam organisasi terwujud melalui kedisiplinan mematuhi kode etik
dan disiplin ibadah (sholat tepat waktu); keteladanan berdo’a sebelum dan
sesudah melakukan suatu kegiatan organisasi; adanya rasa empati terhadap
sesama dengan gerakan infak dalam organisasi; semakin termotivasi dan semangat
mewujudkan visi dan misi organisasi; dapat mengaktualisasikan diri sebagai
panitia kegiatan Taruna Melati (TM), kajian Obrolan Jum’at Kekinian (OJK), dan
Kajian Tri Mingguan (Karim) dalam organisasi IPM, sedangkan pada organisasi
HW, anggota “Aspel†(Asisten Pelatih) HW menjadi lebih berani
mengajar/melatih ilmu kepanduan pada anggota “Pasti†(pasukan inti HW MTs)
dan pada tingkat Athfal yaitu anak-anak SD Muhammadiyah Kauman.
Kata Kunci : Tipe Kepemimpinan, Nilai-nilai Religiusitas, Hasil Tipe
Kepemimpinan.