Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
WAIS AL QORNI, SPDI, NIM. 1320410064
Subject
Pendidikan Islam (Pesantren)
Datestamp
2016-08-03 07:14:42
Abstract :
Wais Al Qorni, 2016 Manajemen Pembelajaran dalam Menanamkan nilai-nilai
Tauhid dan Entrepreneurship di TK Khalifah Yogyakarta. Pembimbing Prof. Dr.
Imam Machali, M.Pd.
Anak merupakan aset negara yang nantinya akan menjadi penerus bangsa
di masa yang akan datang, sehingga pembentukan karakter dan akhlak mulia
yang terpenting adalah pada masa pendidikan anak usia dini. Berawal dari hal
tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara kritis tentang
manajemen pembelajaran Tauhid dan entrepreneurship di TK dan dalam rangka
mencari jawaban permasalahan tentang bagaimana manajemen
pembelajarantauhid dan entrepreneurship, nilai-nilai tauhid dan entrepreneurship
apa saja yang diterapkan, faktor apa saja yang mempengaruhi manajemen
pembelajaran dalam menanamkan nilai-nilai tauhid dan entrepreneurship di TK
Khalifah Yogyakarta.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan obyek
penelitian di TK Khalifah Yogyakarta. Adapun sifat penelitian ini adalah
deskriptif-kualitatif yang berupaya memberikan gambaran-gambaran tentang latar
belakang, sifat dan karakter yang khas dari kasus yang ada di lapangan,untuk
mengeksplorasi data dilakukan dengan cara hubungan yang intensif dengan
sumber data. Data berupa uraian mengenai kegiatan atau perilaku subyek dan
dokumen-dokumen lain yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum manajemen
pembelajaran dalam menanmkan nilai-nilai tauhid dan entrepreneurship di TK
Khalifah, menunjukan bahwa : Pertama, proses manajemen pembelajaran
meliputi 1. Planning (perencanaan), perencanaan pembelajaraan di TK Khalifah
tertuang dalam RKH (Rencana Kegiatan Harian), RKM (Rencana Kegiatan
Mingguan), RKT (Rencana Kegiatan Taunan), 2. Organizing (Pengorganisasian)
dengan Terlebih dahulu menyiapakan fasilitas dan perlengkapan kegiatan belajar
mengajar, seperti silabus berupa materi pembelajaran, mempersiapkan kondisi
kelas dengan baik agar siswa dan guru siap melakukan kegiatan belajar mengajar.
3. Actuating, (pelaksanaan) pelaksanaan Pembelajaran di TK Khalifah terdiri dari
kegiatan awal , kegiatan inti, kegiatan sholat dzuhur dan kegiatan penutup. Kedua,
Faktor yang mendukung manajemen pembelajaran antara lain : Guru, Peserta
didik, Kurikulum Pendidikan, Sarana dan Prasarana, Wali siswa dan Masyarakat,
Faktor penghambat manajemen pembelajaran anatara lain : keterbatasan Guru
dalam mendidik anak, Biaya sekolah yang tinggi dan sosialisasi sekolah yang
kurang masif. Ketiga, Evaluasi pembelajaran yang dilakukan di TK Khalifah
Sukonandi dengan cara mengukur kemampuan anak-anak dalam melaksanakan
tugas-tugas kedalam lembar asesmen siswa. Bentuk penilaian menggunakan
evaluasi kualitatif yang dinyatakan dengan ungkapan “Jarangâ€, “Seringâ€, dan
“Kadang-kadangâ€.