Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
NINDIA PUSPITASARI, SPDI, NIM. 1420410071
Subject
Pendidikan Islam (Pesantren)
Datestamp
2016-08-04 03:28:53
Abstract :
NINDIA PUSPITASARI S.Pd.I. 1420410071, Nilai-Nilai Pendidikan
Karakter Dalam Perspektif K.H Abdul Wahid Hasyim, Yogyakarta : Program
Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016.
Penelitian ini dilatar belakangi karna pentingnya pendidikan karakter di
Indonesia. Beberapa hal yang menjadi keprihatinan adalah semakin menurunnya
nilai-nilai karakter, hal ini yang ditandai dengan rusaknya moral generasi muda,
mulai dari tawuran antar pelajar, narkoba, pembunuhan, seks bebas dan lain-lain.
Berbagai upaya dilakukan untuk mengatasi dekadensi moral generasi muda
diantaranya adalah dengan pencanangan pendidikan karakter di lingkungan
pendidikan baik formal maupun non formal. Dari sinilah penulis tertarik
mengangkat tokoh K.H Abdul Wahid Hasyim yang dapat dikatakan sukses dalam
menanamkan nilai-nilai Islam kepada puta-putrinya, santrinya dan orang-orang di
sekelilingnya pada waktu itu, untuk di gali, dipelajari dan dianalisa ide-ide
gagasannya sehingga memunculkan nilai-nilai pendidikan karakter.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research)
dengan menjadikan sejarah hidup K.H Abdul Wahid Hasyim dan beberapa karya
tulisnya sebagai objek penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan
historis-filosofis. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan nilai-nilai pendidikan
karakter dalam perspektif K.H Abdul Wahid Hasyim. Penulis juga menggunakan
beberapa teori sebagai frame dalam menganalisis data yakni, teori nilai dan teori
pendidikan karakter berikut unsur-unsurnya. Penelitian ini berusaha menjawab
tiga pertanyaan. Pertama, apa saja nilai-nilai pendidikan karakter dalam perspektif
K.H Abdul Wahid Hasyim ? Kedua, bagaimana strategi K.H Abdul Wahid
Hasyim dalam menanamkan nilai pendidikan karakter ? Ketiga, bagaimana
relevansi nilai-nilai pendidikan karakter K.H Abdul Wahid Hasyim dengan
pendidikan karakter bangsa?
Setelah melakukan pengkajian, pengamatan, penelitian dan analisa
terhadap sejarah hidup K.H Abdul Wahid Hasyim dan beberapa karya tulis beliau,
dihasilkan tiga temuan. Pertama, terdapat dua belas nilai-nilai pendidikan karakter
yang berusaha ditanamkan K.H Abdul Wahid Hasyim. Dua belas nilai tersebut
adalah ; nilai religius, nilai toleransi, nilai disiplin, nilai kerja keras, nilai mandiri,
nilai demokratis, nilai kreatif, nilai semangat kebangsaan, nilai cinta tanah air,
nilai bersahabat/komunikatif, nilai gemar membaca dan nilai rasa ingin tahu.
Temuan kedua pada penelitian ini adalah, terdapat tiga strategi K.H Abdul Wahid
Hasyim dalam menanamkan nilai pendidikan karakter, diantaranya ; strategi
moral knowing (pemberian pengetahuan), strategi moral modeling (keteladanan)
dan strategi moral acting (tindakan). Sedangkan temuan ketiga pada penelitian ini,
dijelaskan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter K.H Abdul Wahid Hasyim
viii
sejalan dengan tujuan pendidikan karakter. Dia berikhtiar membangun kehidupan
kebangsaan yang multikultural, membangun peradaban bangsa yang cerdas,
berbudaya luhur, dan mampu berkontribusi terhadap pengembangan kehidupan
umat manusia, mengambangkan potensi dasar agar berhati baik, berpikiran baik,
dan berprilaku baik serta keteladanan baik, membangun sikap warganegara yang
mencintai damai, kreatif, mandiri, dan mampu hidup berdampingan dengan
bangsa lain dalam suatu harmoni.