Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
AIS ISTI’ANA, NIM. 1420410161
Subject
Pendidikan Islam (Pesantren)
Datestamp
2016-08-04 05:01:31
Abstract :
Ais Istiana. Internalisasi Nilai Pendidikan Islam Dalam Gerakan
Organisasi Dakwah Kampus (Studi Kasus di LDK Birohmah Universitas
Lampung). Tesis. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam konsentrasi
Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program internalisasi,
implementasi, dan implikasi nilai pendidikan Islam terhadap sikap dan perilaku
keagamaan kader di LDK Birohmah Universitas Lampung. Pendekatan penelitian
yang dipakai adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah
penelitian lapangan. Sumber data penelitian yaitu, pengurus LDK Birohmah dan
anggota LDK Birohmah. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Metode pengolahan data dalam penelitian ini
diperoleh melalui instrumen penelitian dalam empat tahap, yaitu: reduksi data,
penyajian data, verifikasi data dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Internalisasi nilai
pendidikan Islam di LDK Birohmah meliputi 10 nilai pendidikan Islam; Salimul
Aqidah (Good Faith), Shahihul ’Ibadah (Right Devotion), Matinul Khuluq
(Strong Character), Qodirun ’alal Kasbi (Independent), Mustaqqoful Fikr
(Thinking Brilliantly), Qowiyyul Jism (Physical Power), Mujahidun lin Nafs,
Munadzam Fi Syu’unihi (Well Organized), Haritsun ’ala Waqtihi (Good time
Management), Nafi’un li Ghairihi (Giving Contribution). Kedua, LDK Birohmah
mempunyai 5 departemen yang memiliki program-program kegiatan terkait
internalisasi nilai-nilai PAI. Masing-masing departemen dan program
kegiatannya adalah sebagai berikut; 1). Program Kerja Departemen KII (Kajian
Ilmiah Islam) dengan program kegiatannya yaitu tasqif birohmah, PHBI, dan
Tabligh Akbar. 2). Program Kerja Departemen MCU dengan program
kegiatannya yaitu FU (Forum Update), BERSATU (berita dan syiar Islam yang
Aktual dan bermutu). 3). Program Kerja Badan Khusus Pemberdayaan Muslimah
(BKPM) dengan program kegiatannya yaitu Dauroh Mar’atus Sholihah (DMS),
Rumah Cantik Muslimah (RCM), Jilbab Care, Kajian Muslimah (KAMUS),
Diskusi Muslimah (DISMUS). 4). Program Kerja Departemen Staff BENDUM
dengan program kegiatannya yaitu KUMB (Kantor Usaha Mandiri Birohmah),
Seminar Kewirausahaan, EA (Enterpreuner Action). Kelima, Program Kerja
Departemen HUMAS dengan program kegiatannya yaitu Jama’ah (jaringan
Birohmah), Bii_care (Birohmah Care).
Ketiga, Metode dalam implementasi internalisasi nilai-nilai pendidikan
Islam dalam kegiatan LDK Birohmah untuk meningkatkan perilaku keagamaan
mahasiswa dilakukan melalui berbagai pendekatan dan metode sebagai berikut:
a) Pendekatan LDK Birohmah melalui Pendekatan Individual dan pendekatan
kelompok meliputi kajian-kajian Islam dan kegiatan-kiegiatan sosial sedangkan
b) Metode LDK Birohmah yaitu: Melalui Pelatihan dan Pembiasaan, Melalui
Contoh (keteladanan), Keempat, Implementasi program kegiatan LDK Birohmah
dalam proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam melalui tiga tahapan
berikut ini; tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai, dan tahap
viii
transinternalisasi. Kelima Evaluasi program Internalisasi nilai-nilai PAI di LDK
Birohmah yaitu meliputi; Dimensi Keyakinan, Dimensi Peribadatan, Dimensi
Pengalaman, Dimensi Pengetahuan. Keenam, Faktor pendukung Internalisasi
nilai Pendidikan Islam LDK Birohmah dalam membentuk prilaku keagamaan
mahasiswa yaitu: 1). Fasilitas pendukung pelaksanaan kegiatan-kegiatan LDK
Birohmah. 2). Adanya dukungan dari pihak UNILA, dosen, dan Pembina LDK
Birohmah. 3). Adanya motivasi dari masing-masing anggota LDK Birohmah
dalam mensuport segala bentuk kegiatan LDK. 4). Adanya kerjasama dengan
para dosen PAI dan alumni LDK Birohmah. Ketujuh, Faktor penghambat
Internalisasi nilai Pendidikan Islam LDK Birohmah dalam membentuk prilaku
keagamaan mahasiswa yaitu: 1). Mahasiswa yang heterogen dari latar belakang
keluarga dan pengetahuan agama yang berbeda. 2). Sulitnya mengatur waktu
bagi para pengurus dan anggota untuk berkumpul dan merencanakan agenda. 3).
Adanya pengaruh negatif dari lingkungan masyarakat serta media yang kurang
mendidik. Kedelapan, Implikasi Internalisasi Nilai Pendidikan Islam di LDK
Birohmah meliputi: a) meningkatkan keimanan dan wawasan keislaman, b)
menanamkan akhlak yang baik, c) konsisten dalam pengamalan ibadah, d)
menumbuhkan jiwa organisasi dan kerjasama, e) mengembangkan potensi
mahasiswa
Keyword: Inte