Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
RAHMAT HIDAYAT, SPD, NIM. 1420411144
Subject
Pendidikan Islam (Pesantren)
Datestamp
2016-08-05 06:33:12
Abstract :
Permasalahan yang terjadi di seluruh aspek kehidupan saat ini tidak
terlepas dari kurangnya penanaman nilai-nilai agama islam pada anak dan
pendidikan agama yang kurang tepat karena terfokus pada nilai angka saja, selain
itu arus liberalisasi yang sulit dibendung menimbulkan tingkah laku yang sering
bertentangan seperti cara berbicara, berpakaian dan bergaul yang kurang sopan.
Penulis tertarik melakukan penelitian di TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta
karena karena TK Nurul Ummah tidak hanya memperhatikan aspek jasmaniahnya
saja melainkan juga aspek rohaniahnya yang bernuansa keislaman. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Penanaman nilai-nilai agama Islam di
TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta, 2)metode penanaman nilai-nilai
agama Islam di TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta, 3) faktor pendukung
serta penghambat penanaman nilai-nilai agama Islam di TK Nurul Ummah
Kotagede Yogyakarta.
Metode penelitian ini yaitu dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian
ini adalah pengurus, pendidik, dan orang tua peserta didik. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu
oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi.
Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data,
dan pengambilan kesimpulan. Trianggulasi dilakukan untuk menjelaskan
keabsahan data dengan menggunakan berbagai sumber.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penanaman nilai-nilai
agama Islam mencakup perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan
didalamnya terdapat penyusunan Silabus, RPT, RPB, RPM dan RKH.
Pelaksanaan memiliki beberapa tahapan kegiatan diantaranya kegiatan pembuka,
kegiatan inti dan kegiatan penutup. Dari beberapa kegiatan tersebut dapat dilihat
adanya tingkat pencapaian perkembangan aqidah, akhlaq dan ibadah, 2) Metode
penanaman nilai-nilai agama Islam di TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta
yaitu dengan menggunakan metode klasikal, metode sorogan, metode bermain,
metode pembiasaan, metode cerita islami, metode ziarah dan karya wisata, metode
keteladanan, metode demonstrasi, metode sosiodrama dan menonton film kartun
Islami tentang Nabiyullah, metode tanya jawab,3) Faktor pendukung diantaranya
pendidik merupakan alumni pondok pesantren nurul ummah, pendidik juga
memiliki kemampuan menyampaikan ajaran agama Islam serta hafal Alquran, TK
Nurul Ummah berada dilingkungan pesantren maka kondusif pembelajarannya.
Sedangkan dari faktor penghambat yaitu: Orang tua yang masih mengaggap
pendidikan nilai-nilai agama di serahkan sepenuhnya ke sekolah, dan waktu yang
singkat dalam pembelajaran menyebabkan pendidik lepas memonitor anak didik.