Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
Rohmatul Laelah, NIM. 12480022
Subject
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Datestamp
2016-08-11 01:33:13
Abstract :
Latar belakang penelitian ini adalah terjadinya kemerosotan moral bangsa
yang salah satu penyebabnya adalah sistem pendidikan yang dinilai lebih
mementingkan pengetahuan dan mengabaikan pada emosi dan etika pergaulan dan
lebih jauh lagi pendidikan mematikan kreatifitas dan inovasinya serta tidak
didasari dengan penanaman perilaku yang baik. Pendidiakn agama sangat
berpengaruh dalam pembentukan karakter pada anak. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui secara mendalam upaya penanaman nilai karakter melalui
kegiatan keagamaan pada siswa, hasil penanaman nilai karakter melalui kegiatan
keagamaan, dan faktor yang dapat menghambat dan mendukung dalam
pelaksanaan penanaman karakter di MI Ma’arif Bego. Hasil penelitian ini
diharapkan dapat memberikan sumbangan dan pengembangan bagi sekolah, guru
dan orang tua dalam menanamkan nilai karakter pada anak.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan megambil data
di MI Ma’arid Bego Sleman. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data
adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul
kemudian dianalisis dengan langkah-langkah; 1) menelaah seluruh data; 2)
mereduksi data; 3) menyusun data dalam satu kesatuan; 4) kategorisasi; 5)
triangulasi data. Teknik keabsahan data yaitu menggunakan teknik triangulasi
sumber dan metode.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya penanaman nilai karakter
pada siswa melalui kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di MI MA’arif Bego
digolongkan menjdadi beberapa bentuk kegiatan antara lain; 1) kegiatan
ekstrakulikuler meliputi hadroh, qiroah, dan pencak silat; 2) kegiatan pembiasaan
rutin meliputi tahfidz, sholat dhuha berjamaah, sholat dzuhur berjamaah, infaq,
dan hafalan asmaul husna; dan 3) kegiatan pembiasaan terprogram meliputi
mujahadah, pengajian ahad pagi, idhul qurban, PHBI, dan lomba keagamaan.
Hasil dari penanaman nilai karakter antara lain adalah jujur, disiplin, mandiri,
kreatif, peduli sosial, kerja keras, tanggung jawab, peduli lingkungan, demokratis,
religius, dan komunikatif. Penanaman nilai karakter di MI Ma’arif Bego
terlaksanan dengan baik karean adanya perencanaan yang matang, kerjasama
sengan semua warga sekolah dan masyarakat, adanya reward and punishment,
dan keteladanan oleh para guru dan karyawan.
Kata